home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Cairan Berlebih dalam Tubuh Juga Picu Kenaikan Berat Badan, 'Water Weight'!

Kamis, 02 Agustus 2018 13:28 by sherleyyy | 857 hits
Ternyata Cairan Berlebih dalam Tubuh Juga Picu Kenaikan Berat Badan, 'Water Weight'!
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Sudah menjadi rahasia publik kalau kita mengkonumsi makanan secara berlebihan maka dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Dan sebaliknya, mengkonsumsi cairan tidak akan membuat berat badan naik sebab air tidak mengandung kalori.

Tapi jangan salah, dalam beberapa kondisi, air juga mampu membuat tubuh seolah bertambah massanya dan ini sebenarnya hanya bersifat sementara. Para ahli menyebutnya sebagai ‘water weight’.

Water weight merupakan dimana tubuh kita kelebihan cairan. Orang akan mengenalinya dari kondisi pergelangan kaki, tangan dan bagian tubuh lain yang tampak sedikit bengkak. Hal ini nampaknya mengganggu, tetapi normal terjadi.

"(Water weight) adalah kelebihan cairan yang tersangkut pada jaringan, sendi dan rongga antar sel," kata Abbey Sharp seorang ahli gizi yang dikutip dari Eat This. 

Pada umumnya, water weight akan membuat tubuh kita bertambah berat sekitar 2-4,5 kilogram. Ia juga menegaskan bahwa kenaikan berat badan akibat kelebihan cairan ini berbeda dengan kenaikan berat badan akibat lemak. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab dari water weight

1. Mengkonsumsi garam

Mitzi Dulan dari tim ahli gizi untuk Kansas City Royals menuturkan bahwa kenaikan berat badan karena kelebihan cairan dapat berfluktuasi bersama dengan asupan natrium alias garam. Ia berkata, tubuh akan menahan kelebihan cairan untuk melarutkan kadar garam dalam darah yang tinggi sehingga kadar garam bisa stabil saat orng mengonsumsi makanan asin.

2. Karbohidrat

Baca juga: Begini Cara Kerja Permen Karet Bantu Turunkan Berat Badan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti dan pasta dapat menyebabkan water weight. Jika mengkonsumsi satu gram karbohidrat cenderung dapat menyimpan cairan tubuh 3-4 gram.

"Asupan karbohidrat, seperti yang dilakukan atlet, mengisi otot dengan glikogen, penyimpanan gula, yang memungkinkan menahan banyak air," jelas Mellina Jmapolis, penulis The Doctor on Demand Diet dikutip dari Reader's Digest.

3. Dehidrasi

Jika kita tidak meminum air hingga mengalami dehidrasi justru malah bisa menyebabkan water weight. Karena pada saat kalian tidak minum cukup air, maka tubuh kalian akan menahan tiap tetes air untuk mencegah dehidrasi berikutnya.

Dehidrasi yang diakibatkan oleh alkohol membuat tubuh ‘mencari’ lebih banyak air sehingga pada keesokkan harinya orang yang meminum alkohol akan merasa kembung.

4. Hormon

Perempuan lebih rentan mengalami water weight, hal ini dikarenakan oleh hormon. Sharp menjelaskan bahwa hormon dapat memperngaruhi fungsi ginjal dan seberapa banyak cairan yang ditahan tubuh.

Perubahan siklus haid bisa mempengaruhi kenaikan berat badan akibat water weight. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa wanita sering merasa kembung pada saat haid.

(shy)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)