home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jenis dan Cara Ampuh Antisipasi Berita Hoax Terkait Gempa Lombok yang Viral

Senin, 06 Agustus 2018 17:00 by reinasoebisono | 964 hits
Jenis dan Cara Ampuh Antisipasi Berita Hoax Terkait Gempa Lombok yang Viral
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Mencari celah dan memberi masalah lebih di atas penderitaan orang lain tentu tak elok dilakukan. Zaman kekinian, banyak oknum tak bertanggungjawab membuat berita bohong alias hoax di tengah berita bencana, salah satunya adalah Gempa Lombok.

Menurut pengamat media sosial, Nukman Luthfie, ada beberapa motivasi seseorang menyebarkan berita bohong yang sering meresahkan itu. Karena meski memberi efek buruk, munculnya hoax di tengah bencana memang tak bisa dihindarkan.

"Motifnya itu bisa macam-macam. Pertama, ada yang niatnya untuk memperingatkan kerabat-kerabatnya agar tidak ke sana. Kedua, ada yang sengaja dengan tujuan komersil atau politik, ini yang harus kita cegah," ujarnya.

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

Cara mengantisipasinya adalah dengan tidak buru-buru menyebarkan informasi semacam itu terutama bagi para warga yang terkena dampak bencananya. Karena harusnya, orang-orang yang di luar lokasi bencana harusnya bisa lebih tenang dalam menyikapi informasi tidak benar dan menyesatkan.

"Coba lihat akun yang memberikan informasi tersebut memiliki centang biru atau tidak. Kalau ada, berarti mereka bisa dipercaya. Atau bisa melihat dari sumber atau lembaga yang punya otoritas," katanya.

"Kalau bencana gempa bisa ke info BMKG atau humas BMKG. Itu kan dua-duanya juga punya centang biru (di Twitter). Atau bisa dari Sutopo (Humas BNPB)," ucapnya menambahkan.

Cara lainnya bisa juga dengan memeriksa kebenaran langsung kepada kerabat atau netizen yang ada di lokasi atau mencari informasi dari media yang telah melakukan verifikasi berita yang dibuatnya. Sehingga tidak salah menjadikannya bahan pertimbangan sebagai kebenaran informasi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)