home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Kades Ini Akui Korupsi Setengah Miliar untuk Dana Kampanye

Selasa, 07 Agustus 2018 18:00 by dian97 | 1362 hits
Dua Kades Ini Akui Korupsi Setengah Miliar untuk Dana Kampanye
Image source : Koran Seruya

DREAMERS.ID - Dua Kepala Desa di Bone, Sulawesi Selatan ditetapkan menjadi tersangka atas kasus korupsi Anggran Dana Desa (ADD) sebesar setengah miliar rupiah.

Dua Kepala Desa yakni Syamsuddin Yasa sebagai Kepala Desa (Kades) terpilih bersama Pejabat Kades sementara di Desa Pattioriolo, Kecamatan Sibulue. Kades tersebut terbukti bekerjasama dalam kasus korupsi dana desa.

Dari hasil audit BPK, petugas menemukan kerugian negara sebesar Rp.548 juta dari Rp.1 miliar tahun anggaran 2016. Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa sisa uang ADD sebesar Rp. 55 juta dari kedua tersangka.

"Saya akui bersalah. Uang ADD sebanyak Rp 300 juta saya gunakan untuk kampanye saat Pilkades lalu," ungkap Syamsuddin Yesa saat jumpa pers Mapolres Bone, Selasa (7/8/2018)dikutip dari Detik.


Image source : Detik

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

Tersangka mengaku jika uang tersebut digunakan untuk pendanaan pada tahapan suksesi kampanye hingga akhirnya kembali terpilih dalam pertarungan Pilkades. Kalpore Bone AKBP Kadar Islam Kasim menyatakan kasus ini masih dalam status penyedikan lebih lanjut, dan kedua Kades tersebut telah menjadi tahanan Kepolisian.

"Dari hasil pemeriksaan memang banyak ditemukan data fiktif. Kami juga telah resmi menetapkan kedua tersangka sebagai tahanan Kepolisian. Kami telah memeriksa 30 orang saksi dan tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain dalam proses penyidikan ini," kata Kadar Islam.

Kedua tersangka dijerat UU Tipikor dan Permendagri 113 tentang penyelewengan Penggunaan Dana Desa dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. Mereka juga disebut akan menyusul 3 orang kepala desa lainnya yang saat ini sedang dalam pemeriksaan atas dugaan korupsi ADD.

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)