home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Koalisi Santri Pemuda Akan Demo Tuntut Ma'ruf Amin Mundur

Senin, 13 Agustus 2018 13:34 by noudi0501 | 3139 hits
Alasan Koalisi Santri Pemuda Akan Demo Tuntut Ma'ruf Amin Mundur
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Koalisi Santri Pemuda (KSP) Indonesia akan mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menggelar demonstrasi atau aksi unjuk rasa menuntut calon wakil presiden yang diusung Koalisi Indonesia Kerja, Ma'ruf Amin untuk mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Rencananya aksi itu akan dilaksanakan di depan Kantor MUI, Menteng, Jakarta, Pusat pada Senin (12/8) siang pukul 13 00 WIB. Dilansir dari CNN Indonesia, Ketua KSP Indonesia Ananda Imam mengatakan pihaknya akan mengarahkan sekitar 30 massa untuk menggeruduk kantor MUI demi menyuarakan suaranya.

Dalam unjuk rasa nanti, kata Ananda, ada dua tuntutan utama yang akan disampaikan. Tuntutan pertama yaitu, meminta Ma'ruf Amin untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum MUI.

Ia sangat menyayangkan sikap calon pendamping Joko Widodo tahun depan itu yang tak kunjung mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari jabatannya meski sudah mendaftar sebagai cawapres prndampjng Joko Widodo di Pilpres mendatang.

"Ini jelas mencederai lembaga MUI sebagai lembaga yang menjunjung tinggi netralitas dan kebijaksanaan," ungkapnya.

Tuntutan kedua, Ananda meminta agar MUI harus dilepaskan dari segala kepentingan politik praktis. Menurut Ananda, seharusnya MUI menjadi organisasi yang netral dan tak berpolitik untuk memihak para salah satu pasangan capres cawapres tertentu.

Baca juga: Ma'ruf Amin Cerita Tentang 'Kekinya' Keluarga Soal Paspamres Pasca Resmi Jadi Wapres

Ananda mengatakan MUI merupakan simbol persatuan umat Islam sebagai mayoritas penduduk di Indonesia yang wajib dipimpin oleh ulama yang netral dan tak memihak kepada salah satu paslon tertentu.

"Jika berpolitik bisa mengakibatkan cenderung menyuarakan kepentingan kelompoknya dan kepentingan umat," ujarnya.

Ananda membantah KSP memiliki afiliasi politik dengan parpol atau ormas tertentu. Ia mengatakan KSP dibentuk sebagai wadah diskusi untuk membahas isu-isu ke-islaman dan ke-Indonesiaan.

"Kita sudah sering ngumpul, bahas kondisi terkini soal ormas-ormas Islam, soal ide-ide Islam, kita diskusi aktif. Sejak isu muncul kita sudah sumbang ide. Kan banyak kawan-kawan yang kuliah keagamaan juga," ujarnya.

Selain itu, Ananda juga mengatakan KSP telah terbentuk sekitar tujuh bulan lalu dan sudah memiliki ratusan anggota diseluruh Indonesia. Ia mengatakan sebagian besar anggotanya merupakan santri yang sedang menimba ilmu di perguruan tinggi diseluruh Indonesia.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)