home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

4 Dampak Negatif Yang Bisa Menyerang Anak Muda Jika Terlalu Lama Menatap Layar Gadget

Senin, 13 Agustus 2018 18:00 by evelin04 | 1369 hits
4 Dampak Negatif Yang Bisa Menyerang Anak Muda Jika Terlalu Lama Menatap Layar Gadget
Image Source: teens.co.id

DREAMERS.ID - Setiap hari pasti kita selalu berhadapan dengan yang namanya gadget dan laptop. Entah itu untuk chating, mengerjakan tugas yang menumpuk dan lain-lain, sehingga membuat kita terus menerus menatap layar.

Meskipun kebiasaan tersebut tidak baik, tetap saja tidak bisa kita hindari. Akan tetapi, perlu diketahui kebiasaan tersebut dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan kita. Melansir dari Teen, ada empat dampak negatif yang diakibatkan jika kelamaan menatap layar handphone atau laptop.

Gangguan Penglihatan

Terlalu lama menatap layar pastinya akan menyebabkan penglihatan kita terganggu. Saat kita sangat fokus dan lama menatap layar, tanda-tanda seperti mata yang terasa perih dan berair akan terasa. Tidak hanya itu, kebiasaan tersebut juga akan membuat kita merasa pusing bahkan dapat mengakibatkan gangguan mata seperti minus hingga silinder.

Gangguan Tidur

Selain gangguan penglihatan, terlalu lama menatap layar juga dapat  menimbulkan gangguan tidur. Blue light atau sinar biru pada layar gadget bisa mengurangi hormon melatonin pada tubuh yang bisa membuat kita tidur dengan lebih nyenyak. Jadi, jika terlalu lama bermain gadget sebelum tidur akan menyebabkan seseorang sulit tidur sehingga kualitas tidur pun bisa berkurang. 

Baca juga: Terlalu Sering Main Ponsel Bisa Memicu Perilaku Implusif

Mengurangi Produktivitas

Terlalu asik bermain gadget dengan membuka sosial media memang bisa membuat kita lupa waktu. Dan hal itu dapat membuat kita jadi tidak produktif. Saat belajar biasanya kita tidak bisa konsentrasi karena selalu kepikiran untuk membuka media sosial di gadget kita. Hal ini juga didukung dengan studi yang mengatakan bahwa terlalu lama menatap layar bisa mengurangi konsentrasi dan mempengaruhi kemampuan belajar. 

Emosi tidak stabil

Ternyata, jika terlalu lama menatap layar rupanya juga bisa membuat emosi tidak stabil lho. Bahkan ada studi yang mengungkapkan bahwa jika anak-anak sudah terlalu kecanduan dengan gadget maka bisa mengurangi empati hingga jadi malas bersosialisasi.

Nah, untuk menghindari dampak negatif diatas, ada baiknya untuk mengurangi menatap layar handphone atau laptop dalam jangka waktu yang lama. Walaupun tugas menumpuk dan memaksa kita untuk menatap layar terus menerus, luangkan waktu untuk memberikan mata istirahat.

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)