home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Macam-Macam Label Kadaluwarsa, Ternyata Memiliki Arti Berbeda!

Selasa, 14 Agustus 2018 10:41 by noudi0501 | 2792 hits
Macam-Macam Label Kadaluwarsa, Ternyata Memiliki Arti Berbeda!
Image source: Playworld.id

DREAMERS.ID - Seperti yang kita ketahui, semua jenis makanan dan minuman kemasan pasti dibubuhi dengan label tanggal kedaluwarsa. Label tersebut berhubungan dengan keamanan untuk mengonsumsi produk. Sayangnya, beberapa jenis label di kemasan membuat banyak orang salah memaknainya.

Bahkan banyak orang yang karena tak paham dengan arti labelnya, membuang makanan tersebut dengan percuma. Tidak semua dari tanggal tersebut adalah tanggal kedaluwarsa yang berarti makanan harus segera dibuang. Atau ada juga yang tetap mengonsumsi melewati tanggal yang telah ditetapkan. Padahal ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

Dilansir dari Brilio.net, berikut ini adalah rangkuman dari macam-macam jenis label kadaluwarsa beserta artinya.

Best before


Image source: Brilio.net

 

Label ini lebih merujuk kepada jaminan perusahaan atas warna, rasa, kandungan nutrisi dan kualitas terbaik dari suatu produk. Best Before ini memberikan informasi kepada konsumen berapa lama rasa dan nutrisi dalam produk itu akan bertahan. Jadi Best Before tidak berhubungan dengan keamanan produk untuk dikonsumsi, tetapi lebih pada kualitas produk.

Label Best Before ini berfungsi untuk mengingatkan agar segera mengonsumsi produk tersebut sehingga rasa atau nutrisinya tidak berkurang dan tetap enak. Meski begitu, ada satu hal yang perlu diwaspadai nih guys.

Best Before tidak berlaku ketika bungkus makanan atau minuman sudah dibuka ya. Pasalnya, setelah bungkus dibuka, makanan bisa saja terkontaminasi bakteri dari udara. Selain itu, tanggal ini hanya berlaku apabila kamu mengikuti instruksi yang tertera, contohnya menyimpan produk tersebut dalam wadah tertutup atau tidak terkena matahari langsung.

Expired date


Image source: Brilio.net

 

Baca juga: 5 Jenis Makanan Ini Akan Menjadi Tren di Tahun 2021

Expired Date berhubungan dengan tanda keamanan bahan makanan dan minuman. Expired Date merupakan tanggal batas maksimal di mana produk aman disantap. Label ini menunjukkan tanggal terakhir produk tersebut boleh dikonsumsi.

Jadi jika melewati tanggal yang tercatat, produk tersebut tidak boleh dikonsumsi lagi. Produk yang telah melewati Expired Date biasanya akan mengalami perubahan pada rasa, warna, aroma, dan tekstur. Selain itu jika menyantap makanan atau minuman melebihi tanggal Expired Date sangat berbahaya buat kesehatan.

Sell by


Image source: Brilio.net

 

Lebel Sell By merujuk pada batas akhir diperbolehkannya toko menyajikan dan menjual produk tersebut. Sayangnya, masih banyak toko yang tidak paham dengan makna label ini. Jadi kamu harus selalu teliti saat akan membeli makanan atau minuman ya. Pastikan kamu membeli sebelum tanggal yang tertulis pada label Sell By ini.

Use by


Image source: Brilio.net

 

Tanggal yang tertera pada label Use By merupakan hari terakhir yang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman tersebut. Hal ini dikarenakan pada tanggal itu kualitas produk masih berada pada tingkat tertinggi.

Bila lewat dari tanggal dicantumkan maka kualitas produk akan menurun. Meski tanggal yang tertera sudah lewat, selama makanan disimpan dengan benar sesuai anjuran yang ada pada kemasan maka makanan ini masih aman dikonsumsi, walaupun dengan kualitas yang menurun.

Tetapi jika ternyata ada perubahan bau atau rasa yang mencolok maka sebaiknya jangan mengonsumsi produk tersebut. Label ini biasanya ada di telur, daging, dan ayam potong dalam kemasan.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)