home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penyebab Gempa Lombok Terjadi Berulang Kali Bahkan dengan Magnitudo Lebih Besar dalam Waktu Singkat

Senin, 20 Agustus 2018 15:42 by reinasoebisono | 1101 hits
Penyebab Gempa Lombok Terjadi Berulang Kali Bahkan dengan Magnitudo Lebih Besar dalam Waktu Singkat
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Wilayah Lombok kembali menjadi perbincangan dan sorotan karena rentetan gempa yang terjadi sejak akhir pekan kemarin hingga hari ini, Senin (20/8). Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM mencatat ada enam kali gempa bahkan pada Minggu (19/8) kemarin.

Kala itu, gempa pertama yang berkekuatan 5.4 Skala Richter hanya berselang 4 menit dengan gempa kedua yang terjadi pada pukul 11.10 dan berkekuatan 6 SR pada kedalaman 10 kilometer. Malamnya, gempa terjadi pukul 21.56 dengan kekuatan lebih besar yaitu 7 SR, di mana selang beberapa menit, gempa 5.6 SR kembali mengguncang.

Kepala Bidang Gempa Bumi dan Tsunami Badan Geologi Kementerian ESDM, Sri Hidayati pun mengatakan jika gempa berentet itu disebabkan karena sumber gempa berasosiasi dengan zona penyesaran naik busur belakang (Flores back-arc Thrust) yang berarah relatif barat-timus.

Seluruh pusat gempa terjadi di darat di mana sebagian besar daerahnya terdiri dari batuan sedimen dan batuan metamorf berumur pratersier hingga tersier.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

"Daerah yang tersusun oleh batuan yang telah tersesarkan dan terlapukkan dan daerah aluvium sangat rentan terhadap goncangan gempa bumi karena bersifat urai, lepas, dan belum terkonsolidasi sehingga akan memperkuat efek getaran gempa," ucapnya.

Meski begitu, masyarakat pun dihimbau tetap waspada, mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) setempat dan tidak terpancing oleh isu tak bertanggung jawab.

"Masyarakat diharapkan tetap berada di tempat terbuka dan menghindari bangunan karena akibat guncangan gempa bumi sebelumnya sehingga bangunan rawan roboh. Waspadai retakan pada permukaan bumi dan longsoran," ujarnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)