home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Menjaga Berat Badan Tidak Naik Saat Liburan

Senin, 20 Agustus 2018 18:02 by evelin04 | 1078 hits
Tips Menjaga Berat Badan Tidak Naik Saat Liburan
image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Waktu liburan memang saat yang tepat untuk bersantai-santai ria. Kebanyakan yang orang-orang  lakukan pada saat libur pasti tidak jauh dari tidur, nonton film, makan, dll. Akan tetapi, jika diperhatikan, pada saat liburanlah berat badan seseorang bisa bertambah.

Itu karena mereka keasikan bersantai-santai, makan berlebihan dan tidak sehat seperti ngemil, makan-makanan yang manis, junkfood, dan ditambah lagi mereka bermalasan-malasan untuk melakukan apapun saat liburan.

Oleh karena itu, untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan, ikuti tips berikut.

Batasi Makanan Manis

Saat liburan, makanan manis menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Makanan manis ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup, contohnya kue, cokelat, permen, atau puding. Hati-hati, berbagai makanan manis tersebut bisa membuat berat badan cepat naik.

Oleh karena itu, untuk menjaga berat badan tetap stabil, batasi konsumsi makanan dan minuman yang manis selama liburan.

Banyak Makan Sayur dan Buah

Buah-buahan dan sayuran termasuk makanan rendah kalori namun tinggi serat. Artinya, hanya dengan makan buah-buahan dan sayuran saja bisa membuat kita kenyang lebih lama. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi kamu yang ingin menjaga berat badan tetap ideal selama liburan.

Menurut, World Health Organization (WHO) memakan buah dan sayuran secara rutin dapat mengurangi risiko obesitas. Semakin banyak buah dan sayuran yang kita makan, semakin rendah pula risiko terkena penyakit kronis seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Makan Lebih Awal

Baca juga: Simak 8 Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas dan Lebih Nyenyak

Saat liburan, kebanyakan orang mungkin lebih sering bangun siang sehingga jadwal makan pun ikut mundur. Padahal, makan lebih pagi dapat membantu mencegah kita dari kalap makan, lho. Membiasakan diri untuk makan di awal waktu membuat kita lebih mudah mengendalikan asupan kalori dari makanan.

Tetap Olahraga

Untuk menjaga berat badan tetap stabil, luangkan waktu untuk melakukan olahraga di sela-sela liburan. Tak perlu repot-repot pergi ke tempat gym, kamu bisa berjalan atau jogging di sekitar rumah sambil menghirup udara segar.

Yang penting, pastikan tubuh tetap bergerak aktif setidaknya 15 menit. Apalagi kalau baru saja makan besar bersama keluarga, kalori dan lemak dari makanan harus segera dibakar dengan olahraga.

Timbang Berat Badan Saat Rutin

Untuk menjaga berat badan tetap ideal selama liburan, timbang berat badan secara rutin. Waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari, sebab angka yang muncul cenderung lebih akurat menggambarkan berat badan yang sebenarnya.

Faktanya, orang yang rutin menimbang setiap hari cenderung lebih mudah menjaga berat badannya tetap stabil. Bahkan, mereka lebih mampu menurunkan berat badan ketimbang orang yang jarang menimbang berat badan.

Pastikan terus menerapkan pola makan yang sehat dan rutin olahraga setiap hari di masa liburan. Selain membuat tubuh tetap bugar, hal ini juga bermanfaat untuk mencegah kenaikan berat badan pasca liburan.

 

Source : Kompas.com

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)