home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bangga, Mahasiswa ITS Ini Raih Penghargaan Matematika di Kancah Dunia

Selasa, 21 Agustus 2018 10:41 by mikhael | 659 hits
Bangga, Mahasiswa ITS Ini Raih Penghargaan Matematika di Kancah Dunia
Image Source: Doc ITS

DREAMERS.ID - Banyaknya anggapan pendidikan tinggi di Indonesia kurang bisa bersaing dan berinovasi dengan dunia luar menyebabkan orang kini lebih memilih melanjutkan pendidikan tinggi di universitas luar negri. 

Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab saat ini banyak mahasiswa Indonesia yang telah mempersembahkan prestasi di kancah dunia, termasuk Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini.

Seperti dilansir Okezone, Mahasiswa yang bernama Sie Evan Setiawan telah berhasil menggondol gelar Honorable Mention di ajang International Mathematic Competition (IMC) 2018. 

Selain meraih IMC 2018, Evan, juga beberapa kali menjuarai kejuaraan seperti salah satunya yaitu berhasil mengantongi medali emas Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) 2018.

Evan mengatakan, dirinya menyukai pelajaran matematika itu, sejak kecil. "Saya memang suka matematika semenjak kelas satu Sekolah Dasar," ujar Evan, Selasa (21/8/2018).

Baca juga: Begini Klarifikasi PPI Taiwan Soal Dugaan Mahasiswa Indonesia Alami Kerja Paksa

Menurut dia, persiapan belajar untuk olimpiade ini telah dilakukan sepanjang tahun ajaran. Di mana ia bersama tim olimpiade selalu melakukan latihan bersama. Tetapi dalam latihan tersebut, Evan dan tim lebih memprioritaskan angkatan yang baru. 

"Untuk kami yang sudah berpengalaman, fokus persiapannya baru di semester genap. Kami sering latihan empat jam sehari di akhir pekan," jelas.

Dia menjelaskan, dirinya berusaha maksimal menyelesaikan lima soal dalam lima jam selama dua hari berturut-turut. "Dapat ikut IMC saja sudah jauh melebihi target saya. Targetnya kemarin medali perak ONMIPA nasional," ungkapnya.

Evan menceritakan bahwa, dirinya merupakan mahasiswa jalur afirmasi. Maka itu, ia berharap perjuangannya dapat menginspirasi mahasiswa afirmasi lainnya. 

"Seperti yang kita ketahui bersama, kebanyakan anak-anak afirmasi di kampus unggulan putus kuliah. Saya ingin kampus-kampus di Indonesia melihat bahwa mahasiswa afirmasi juga bisa berprestasi," tutupnya. 

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)