home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Titik Kebakaran Meluas Sebabkan Dikerahkannya 8 Heli Water Bombing di Kalbar

Selasa, 21 Agustus 2018 14:25 by dian97 | 1195 hits
Titik Kebakaran Meluas Sebabkan Dikerahkannya 8 Heli Water Bombing di Kalbar
Image source : Tribun News

DREAMERS.ID - Meluasnya wilayah kebaran hutan di Kalimantan Barat membuat Satgas Udara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kerja keras melakukan pemadaman. Dengan menggunakan bantuan helikopter untuk memadamkan sejumlah titik api.

Karthula mendapatkan bantuan kembali 4 heli untuk memadamkan api. Sehinggan saat ini total terdapat 8 heli yang diperbantukan untuk melakukan water bombing.

"Sebelumnya ada empat heli untuk water bombing di Satgas Udara. Sekarang ada empat heli lagi ditambah untuk penanggulangan kebakaran lahan ini," kata Komandan Satgas Udara, Lanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma), TNI Minggit Tribowo, Selasa (21/8/2018) mengkutip detik.

Minggit menjelaskan, total saat ini ada 8 heli di Satgas Udara, Heli ini bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB). Heli tersebut terdiri dari Heli Bolco satu unuit, Heli Bell 214 empat unit, dan Heli MI 8 tiga unit.

Baca juga: Usai Dikritik Netizen, Kylie Jenner Sumbang 14 Miliar untuk Kebakaran Hutan Australia

Minggit juga menjelaskan jika masing-masing helu tersebut terdapat kapasitas untuk membawa air. Setiap uni heli berbeda kapasitasnya ada yang 3.000 liter ada juga yang sampai 5.000 liter air untuk melakukan water bombing.

"Ada juga heli yang mampu bawa air 3.000 liter sampai 5.000 liter. Tim Satgas Udara kita setiap harinya melakukan water bombing 8 sampai 9 jam per hari," kata Minggit.

Penanggulangan Karthutla ini terdiri dari seluruh jajaran TNI AD di Kalbar, jajaran Polda Kalbar, ditambah Tim BPBD Provinsi dan Kabupaten, Manggala Agni serta Masyarakat.

"Kita bersatu padu dalam pencegahan ini. Tim Satgas Darat juga melakukan pemadaman, begitu juga tim Satgas Udara dari Lanud Supadio," ujar Minggit.

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)