home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beda dengan Saman, Kenalan dengan Tarian Ratoh Jaroe yang Viral di Opening Asian Games 2018

Selasa, 21 Agustus 2018 17:04 by noudi0501 | 1842 hits
Beda dengan Saman, Kenalan dengan Tarian Ratoh Jaroe yang Viral di Opening Asian Games 2018
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Saat Opening Ceremony Asian Games 2018 berlangsung, berbagai pujian mengalir terutama untuk Tari Ratoh Jaroe Aceh yang pertama kali membuka acara.

Tari Ratoh Jaroe ditampilkan secara kolosal. Koreografer dari tarian tersebut adalah Denny Malik, mantan penari dan penyanyi yang pernah populer dengan lagu Jalan-Jalan Sore (JJS) di era 90-an.

Kemegahan tarian ini salah satunya terlihat dari jumlah penari yang dilibatkan, yang mencapai 1.600 penari yang terdiri dari siswa SMA se-DKI Jakarta.

Denny Malik sebagai orang yang dibalik suksesnya tari Ratoh Jaroe tersebut berhasil memukau semua orang yang melihatnya. Memang tarian ini mirip dengan Tari Saman yang lebih dikenal luas, gerakannya pun serupa. Namun, ada perbedaan mendasar dari kedua tarian asal Aceh ini.


Image source: CNN

Umumnya Tari Saman dilakukan pria dalam jumlah ganjil. Tarian ini mengkombinasikan tepukan tangan dan tepukan dada. Selain itu, penari Saman dipimpin oleh beberapa penari yang duduk di tengah. Saman adalah tarian yang murni diiringi oleh syair yang dilantunkan para penarinya.

Baca juga: Selain Tarif Flat, Ketahui Tentang 40 Lokasi Parkir Closing Ceremony Asian Games 2018

Sedangkan Tari Ratoh Jaroe pada umumnya dilakukan oleh perempuan dalam jumlah genap. Gerakan Tari Ratoh Jaroe tak banyak melibatkan tepukan dada. Selain itu, Tari Ratoh Jaroe dikendalikan oleh dua orang yang duduk di luar formasi penari. Ratoh Jaroe juga diiringi musik eksternal, atau di luar para penarinya.

Keberhasilan Tari Ratoh Jaroe dalam balutan kolosal membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya bangga. Menurutnya, tarian tersebut mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

"Tarian ini sangat luar biasa. Dibawakan dengan sangat indah dan kompak. Dan menjadi cermin kekayaan budaya Indonesia yangan sangat beragam. Tarian Ratoh Jaroe menjadi pembuka yang luar biasa. Apalagi kemudian tarian-tarian lain ikut ditampilkan," ujar Arief.

Menurut Arief, dalam kegiatan akbar seperti ini, Indonesia harus mampu menggerakkan semua sektor.

"Termasuk pariwisata. Sebab, inilah saatnya menjual, mempromosikan kekayaan pariwisata Indonesia ke pentas dunia," paparnya.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)