home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Kenapa Foto Paspor Sebaiknya Dilakukan Sambil Tersenyum

Selasa, 21 Agustus 2018 18:00 by evelin04 | 9795 hits
Ini Alasan Kenapa Foto Paspor Sebaiknya Dilakukan Sambil Tersenyum
Image Source: aturduit.com

DREAMERS.ID - Sebuah penelitian belum lama ini mengungkapkan bahwa sebaiknya foto untuk pembuatan paspor dilakukan dengan wajah yang tersenyum. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, foto dengan ekspresi tersenyum ternyata memiliki arti penting.

Melansir dari Kumparan, Time mengungkapkan University of York mempelajari berbagai ekpsresi saat mengidentifikasi orang melalui foto. Para peneliti juga melibatkan 40 orang dan meminta mereka untuk melihat 60 foto orang asing.

Setiap peserta ditunjukkan foto berwajah netral dengan senyum mulut terbuka dan foto dengan ekspresi netral dengan senyum mulut tertutup atau tidak terlihat gigi.

Hasil studi ini menunjukan, mengidentifikasi foto dengan wajah netral lebih sulit. Sebaliknya, peserta lebih mudah mengidentifikasi foto yang memiliki raut wajah tersenyum.

"Foto ID adalah bagian paling penting dari identitas seseorang dan kita tahu bahwa otak manusia sulit untuk mencocokan dua objek yang terlihat nyaris sama," ujar Dr. Mila Mileva dari Departemen Psikologi.

Banyak peserta yang mampu mengidentifikasi seseorang dengan raut wajah yang tersenyum. Baik ketika peserta melihat dua gambar dari orang yang sama dengan ekspresi berbeda atau membandingan dua gambar orang yang terlihat serupa.

Para peneliti juga menambahkan bahwa foto tersenyum mampu membantu petugas imigrasi saat memeriksa paspor. Hal ini sekaligus dapat mengurasi risiko penipuan.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa mengganti ekspresi netral yang biasanya kita gunakan ketika mengambil foto identitas dengan senyum mulut terbuka dapat membuat wajah lebih mudah dikenali," pungkasnya.

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)