home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemkot Semarang Siapkan Dana 100 M Untuk Bangun Kembali Alun-Alun yang Terbakar Habis Tahun 2015

Kamis, 23 Agustus 2018 12:58 by noudi0501 | 889 hits
Pemkot Semarang Siapkan Dana 100 M Untuk Bangun Kembali Alun-Alun yang Terbakar Habis Tahun 2015
Image source: ANTARA FOTO

DREAMERS.ID - Pemerintah Kota Semarang berencana untuk kembali membangun alun-alun kota di kawasan Kauman. Pembangunan ini dilakukan bersamaan proyek revitalisasi Pasar Johar yang habis terbakar pada 2015 silam.

Pembangunan kembali alun-alun di Kauman dimulai pada hari Rabu (22/8) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan proyek alun-alun tersebut diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp100 miliar. Saat ini, pihaknya telah menyiapkan dana pembangunan tahap satu sebesar Rp50 miliar.

"Kami akan memulai pembangunan alun-alun di sekitar Masjid Kauman Semarang mulai hari ini. Tahap I telah disiapkan dana sebesar Rp50 miliar dari total yang dianggarkan Rp100 miliar," ujar Hendi sapaan akrabnya di Semarang.

Menurut Hendi, pihaknya sengaja memulai proses pembangunan Alun-Alun Kauman Semarang di Hari Raya Idul Adha karena ingin menunjukkan semangat berkorban dalam melaksanakan pembangunan kota yang bertujuan mensejahterakan warga Semarang.

"Sengaja kami mulai bebarengan dengan Hari Idul Adha yang sarat dengan makna "kurban" atau pengorbanan. Pembangunan alun-alun dan Pasar Johar tidak akan berjalan jika tidak ada pengorbanan dari para pedagang yang bersedia direlokasi sementara," ungkap Hendi.

Alun-alun Kauman dibangun bersamaan dengan pembangunan Masjid Agung Kauman pada 1749. Namun, pada 1938, alun-alun tersebut mulai beralih fungsi sebagai pusat perdagangan dan akhirnya hilang di tahun 1970.

Dengan membangun alun-alun tersebut, Pemerintah Kota Semarang ingin menghidupkan kembali romantisme dan kejayaan Semarang sebagai pusat perdagangan, khususnya di kawasan Kota Lama.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)