home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Komikus Terkenal 'Chibi Maruko-chan', Momoko Sakura Meninggal Dunia Karena Kanker

Selasa, 28 Agustus 2018 17:18 by noudi0501 | 2672 hits
Komikus Terkenal 'Chibi Maruko-chan', Momoko Sakura Meninggal Dunia Karena Kanker
Image source: Kotaku

DREAMERS.ID - Sang penggagas komik ‘Chibi Maruko-chan’ Momoko Sakura, meninggal pada 15 Agustus lalu karena kanker payudara. Ia meninggal dunia di usia 53 tahun. Kabar duka itu disampaikan perusahaan yang menaunginya pada Senin (27/8).

Menurut perusahaan Sakura Productions, upacara pemakaman untuknya bahkan sudah digelar, dan hanya boleh dihadiri teman-teman serta keluarga dekat. Dalam pernyataan resmi Sakura Productions itu, ditampilkan pula gambar Chibi Maruko dan teman-temannya.

Momoko Sakura mengawali karier sebagai seniman manga-sebutan bagi komik Jepang-pada 1984. Seri Chibi Maruko-chan baru dimulai Agustus 1986, artinya bulan ini usianya sudah genap 32 tahun. Komik Chibi Maruko-chan menjadi bagian dalam majalah manga Ribbon.

Butuh waktu empat tahun bagi Chibi Maruko-chan untuk menjadi terkenal. Kartun itu baru populer pada 1990, saat akhirnya ia diangkat menjadi seri anime dan tayang di televisi.


Momoko Sakura (The Japan News)

Serialnya pun langsung sukses, bahkan hingga saat ini, termasuk di Indonesia. Chibi Maruko-chan juga tayang di China, Taiwan, Hong Kong, dan Vietnam. Semua sukses.

Baca juga: Komik 'Death Note' Kembali Dirilis Setelah 12 Tahun Hiatus

Tak hanya melambungkan karakter Chibi Maruko, lagu yang menjadi latarnya, Odoru Ponpokorin juga jadi terkenal. Pada 1990, ia terjual 1,73 juta kopi.

Selain menggambar, Momoko Sakura sang 'ibu' Chibi Maruko juga gemar menulis. Ia rutin memperbarui blog-nya. Namun unggahan terakhir di sana, mengutip Japan Times, adalah 2 Juli lalu, saat ia mengomentari timnas sepakbola Jepang di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Meninggalnya Momoko Sakura membuat dunia manga Jepang bersedih. Pemimpin Redaksi Ribbon, Soichi Aida pun menyampaikan belasungkawanya melalui sebuah unggahan di situs majalah itu. Menurutnya, kepergian sang komikus terlalu cepat dan ia akan selalu dikenang.

"Senyum cerah dari Maru-chan dan teman-temannya akan terus bersinar dalam pikiran para pembaca, mulai anak-anak sampai dewasa. Terima kasih banyak untuk Momoko Sakura," tulisnya.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)