home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tindakan Jepang yang Dilanda Topan Terdahsyat Sepanjang Sejarah 25 Tahun Terakhir

Selasa, 04 September 2018 15:09 by reinasoebisono | 1079 hits
Tindakan Jepang yang Dilanda Topan Terdahsyat Sepanjang Sejarah 25 Tahun Terakhir
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Jepang tengah dilanda topan terdahsyat yang terjadi dalam 25 tahun terakhir yang kini nampaknya mulai memberikan dampak signifikan di sejumlah area di Negeri Sakura tersebut pada hari Selasa (4/9), Badan Meteorologi melaporkan.

Topan bernama Jebi itu membawa angin kencang berkecepatan hingga mencapai 216 km per jam dan membawa hujan deras yang memicu peringatan evakuasi banjir. Topan ini, melansir Liputan6, juga kabarnya telah menyebabkan longsor di Barat Jepang pada siang hari.

“Bagian timur negara itu juga terdampak badai tersebut," ujar Badan Meteorologi Jepang.

Peringatan ombak tinggi juga dikeluarkan kepada masyarakat di sejumlah wilayah untuk waspada terhadap banjir dan longsor lumpur akibat datangnya Topan Jebi. Namun di sisi lain, Ibu Kota Tokyo dikabarkan aman dari topan tersebut.

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Topan Jebi ini dikategorikan sebagai ‘sangat kuat’ berdasarkan kecepatan anginnya. Jebi kali ini sendiri adalah topan terdahsyat yang pernah menghantam Jepang sejak tahun 1993.

Karena itu, perintah evakuasi pun dikeluarkan di beberapa daerah di Prefektur Osaka, Kyoto, Wakayama dan Nara. Meski tidak bersifat wajib, warga rata-rata tidak mengikuti perintah evakuasi yang ketika hujan datang, akhirnya terjebak oleh air yang naik dengan cepat atau tanaha longsor.

Juru bicara pemerintah, Yoshihide Suga, mendorong masyarakat untuk ‘melakukan evakuasi lebih lebih awal’ dan bahwa pemerintah akan ‘mengambil semua cara’ untuk kesiapsiagaan krisis. Badan Meteorologi Jepang mengatakan, Topan Jebi diperkirakan akan melewati Laut Jepang pada Selasa malam dan bergerak ke utara, dan pada Rabu pagi, melemah menjadi badai ekstratropis.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)