home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Film Pendek Karya Sineas Indonesia 'KADO' Menang di Venice International Film Festival 2018!

Selasa, 11 September 2018 09:14 by noudi0501 | 1187 hits
Film Pendek Karya Sineas Indonesia 'KADO' Menang di Venice International Film Festival 2018!
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - ‘KADO’ film pendek karya sutradara muda Indonesia, Aditya Ahmad, berhasil dinobatkan sebagai Best Short Film dalam Venice International Film Festival 2018 untuk Orizzonti section.

Mira Lesmana yang memproduseri film pendek tersebut bersama Riri Riza, mengabarkannya lewat akun Instagram-nya @mirles.

"We are happy to share the good news from Venice La Biennale: Miles Films’ new short film KADO (A Gift) by Aditya Ahmad, has won best short film at Orizzonti - 75th. Congrats @ditsmad , we are so proud of you! Congrats also to all cast & crew," tulis Mira seperti dikutip Kompas.com, Minggu (9/9/2018).

Aditya adalah satu-satunya sineas Indonesia yang berlaga di Festival Film Internasional Venice ke-75 itu. Karya pemuda kelahiran Makassar tahun 1989 ini bersaing dengan 12 film pendek dari berbagai negara dalam kompetisi tersebut.

Dalam malam penganugerahan di Palazzo del Cinema di Venezia, Lido, Italia, Sabtu (8/9/2018), Aditya menerima trofi penghargaan Orizzonti dari kritikus film Perancis dan Direktur Cinematheque Française, Frederic Bonnaud. Dari keterangan tertulis Miles Films, KADO merupakam film pendek berdurasi 15 menit.

Baca juga: Para Pemain Drama The Penthouse Hadapi Tragedi Mengerikan di Film Tentang Pandemi

Bercerita tentang Isfi yang bersemangat menyambut ulang tahun Nita. Untuk dapat menyiapkan kado istimewa di kamar Nita, Isfi harus mengenakan rok panjang dan hijab. 

Isfi merupakan teman lama Aditya sekaligus pemeran utama dalam film pendeknya yang lain, Sepatu Baru (2014). Aditya terinspirasi membuat KADO ketika kembali bertemu Isfi yang kini sudah beranjak remaja.

“Saya bisa merasakan betul keresahan Isfi yang selalu merasa beda atau dibedakan di lingkungannya. Saya ingin bercerita tentang pergulatan remaja seperti Isfi dalam menemukan identitasnya," kata Aditya dalam keterangan tertulisnya.

KADO bukanlah apresiasi internasional pertama Aditya. Film pendeknya, Sepatu Baru yang merupakan tugas akhirnya di Institut Kesenian Makassar, meraih penghargaan Special Mention untuk kategori Generation Kplus di Festival Film bergengsi Berlinale (Berlin International Film Festival) 2014.

Ia juga meraih predikat Sutradara Film Pendek Asia Tenggara Terbaik di Festival Film Internasional Singapura 2014.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)