home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Perlu Sedih, Begini Kesempatan Lain Bagi yang Gagal Seleksi CPNS

Sabtu, 22 September 2018 22:37 by dian97 | 3885 hits
Tak Perlu Sedih, Begini Kesempatan Lain Bagi yang Gagal Seleksi CPNS
Image source : Tribunnews.com

DREAMERS.ID - Bagi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang tidak lolos seleksi, tidak perlu risau. Sebab pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) dalam waktu dekat.

Dengan adanya peraturan pemerintah ini, CPNS tetap akan diterima menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Pemerintah memberikan solusi [bagi tenaga honorer yang tidak lolos tes CPNS atau tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti CPNS] dengan membuat RPP PPPK dan proses rekrutmentnya akan dilakukan setelah ujian CPNS selesai," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin dalam konferensi pers di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko menuturkan dengan adanya penerbitan peraturan pemerintah ini, direncanakan untuk mencari putra-putri terbaik bangsa.

Baca juga: Pemerintah Tidak Buka Tes CPNS 2020, Bagaimana Tahun Depan?

Berdasarkan Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), ASN terdiri dari dua, yakni pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Saat ini pemerintah mengupayakan penataan SDM Aparatur, agar kepastian status dapat diselesaikan dengan opsi status PPPK yang dinilai lebih fleksibel.

“Saat ini terdapat masalah ketidakjelasan status orang yang saat ini bekerja di birokrasi tetapi bukan berstatus PNS. Contoh kasus di bidang pendidikan terdapat 735.825 guru non PNS yang bekerja di sekolah negeri tanpa ada kepastian status (honorer), hal ini dapat diselesaikan antara lain dengan opsi status PPPK yang dari aspek tertentu lebih fleksibel dibandingkan dengan PNS.” ujur Moeldoko.

Meskipun terdapat tenaga honorer yang gagal menjadi ASN melalui jalur P3K, mereka akan tetap bekerja di instasi awal dengan upah yang sesuai dengan Upah Minium Regional (UMR).

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)