home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lawang Sewu, Ikon Wisata Sejarah Semarang yang Tak Pernah 'Layu'

Senin, 17 September 2018 19:00 by reinasoebisono | 6089 hits
Lawang Sewu, Ikon Wisata Sejarah Semarang yang Tak Pernah 'Layu'
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Siapa yang tak kenal Lawang Sewu? Di balik kisah mistis yang selalu menyeruak tiap membicarakan tempat wisata di Semarang yang satu ini, ternyata Lawang Sewu menyimpan fakta sejarah yang menarik. Gedung bergaya arsitektur Belanda yang didirikan mulai tahun 1904 ini, dulunya adalah kantor pusat perusahaan kereta api swasta milik Belanda.

Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) yang dulu melayani rute Semarang-Yogyakarta dan  Batavia-Buitenzorg (sekarang Jakarta-Bogor), memanfaatkan gedung seluas 18.232 meter persegi ini sebagai kantor pusat sejak Juli 1907.

Dirancang oleh arsitek Belanda saat itu –Prof. Klinkhamer dan B.J Oendaag—Lawang Sewu menjadi salah satu saksi bisu sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pada tahun 1942, daerah Tugu Muda tempat berdirinya gedung ini menjadi area Pertempuran Lima Hari antara warga Indonesia dengan tentara Jepang.

Ketika Jepang berhasil menduduki Indonesia hingga 1945, gedung ini diambil alih dan digunakan sebagai kantor Riyuku Sokyoku (Kantor Jawatan Transportasi Jepang). Pada saat itulah dikatakan bahwa Jepang membangun penjara bawah tanah dan melakukan penyiksaan terhadap pejuang-pejuang Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, tahun 1946 gedung ini sempat dikuasai kembali oleh Belanda saat agresi militer sebelum akhirnya dikembalikan kepada Indonesia tahun 1949. Lalu pada tahun 1994, pengelolaan gedung ini diserahkan kembali kepada perusahaan kereta api Indonesia yang kini bernama PT KAI.

Menikmati Kemegahan Lawang Sewu Sembari Menjelajah Kota Semarang

Seperti namanya, Lawang Sewu yang berarti “Seribu Pintu”, memiliki bentuk gedung 2 lantai dengan lorong panjang dihiasi banyak pintu yang menjulang tinggi khas bangunan model Belanda. Terlihat lebih megah sejak dipugar tahun 2011, Lawang Sewu kembali dibuka untuk umum dan difungsikan sebagai museum sejarah perkeretaapian Indonesia. Di sana tersaji foto-foto dan informasi mengenai sejarah pembangunan gedung, perkembangan teknologi mesin kereta hingga replika lokomotif uap.

Selain itu, terdapat banyak spot foto eksotik yang dapat dieksplorasi. Misalnya saja di bagian dalam gedung pada area tangga, terpasang ornamen kaca patri dengan paduan warna indah yang membentuk sebuah lukisan. Kini banyak muda mudi yang telah memanfaatkannya untuk lokasi pemotretan pre wedding.

Baca juga: Airy Rooms Resmi Umumkan Tutup pada Akhir Mei 2020

Jika telah sampai di Lawang Sewu, jangan sampai melewatkan wisata sejarah lain di area kota Semarang misalnya Kota Lama, Kuil Sam Poo Kong, Masjid Besar Kauman, Gereja Blenduk ataupun Museum Ronggowarsito. Lebih menyenangkan bila Anda merencanakan untuk berlibur bersama teman atau keluarga ke sana. Tentunya tak cukup sehari untuk bisa dengan puas mengelilingi kota Semarang. Persiapan liburan seperti transportasi dan penginapan juga harus dilakukan dengan baik agar perjalanan Anda terasa nyaman.

Namun jangan khawatir, saat ini terdapat berbagai kemudahan untuk mendapatkan hotel murah Semarang. Cukup download aplikasi Airy atau pesan lewat website, Anda akan disediakan beragam pilihan hotel dengan jaringan terluas di seluruh Indonesia.

Hotel Murah dengan Jaminan Fasilitas Lengkap

Saat sudah lelah berkeliling kota Semarang tentu ingin dapat beristirahat dengan nyaman di hotel. Menyegarkan badan dengan mandi air hangat lalu melepas penat dengan berbaring di tempat tidur yang bersih sembari menonton TV dan menikmati kesejukan udara dalam kamar ber-AC. Apalagi jika disediakan jaringan wifi untuk tetap dapat meng-update keseruan liburan hari itu.

Istirahat yang cukup akan mengembalikan energi  untuk siap berpetualang keesokan harinya. Dengan memesan hotel melalui Airy Rooms, semua fasilitas tadi bisa  didapatkan tentunya dengan harga terjangkau. Pembayaran pun dapat dengan muda ditransfer atau melalui kartu kredit. Nah tunggu apalagi, segera rencanakan liburan sekarang!

Lebih spesial dengan menggunakan Kode Promo DREAMERS dan dapatkan diskon 20% tanpa minimum transaksi dan maksimal diskon sebesar Rp 100.000! Syaratnya mudah, hanya dapat digunakan untuk PEMESANAN KAMAR DI MOBILE APP AIRY . Dengan periode booking 15 Mei – 15 September 2018 dan periode menginap sampai 22 Desember. Tidak berlaku pada libur Natal dan Tahun Baru ya.

Jadi buruan pesan kamar di mobile app AIRY dan gunakan kode promo DREAMERS. Happy holiday!

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)