home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yang Disiapkan untuk Pemakaman Massal Korban Meninggal Dunia Gempa-Tsunami Palu

Rabu, 03 Oktober 2018 10:22 by reinasoebisono | 1708 hits
Yang Disiapkan untuk Pemakaman Massal Korban Meninggal Dunia Gempa-Tsunami Palu
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Data dari BNPB menunjukkan jika korban tewas gempa dan tsunami Palu telah mencapai lebih dari 1.300 orang. Atau lebih tepatnya di angka 1.347 orang, termasuk 34 pelajar yang ditemukan meninggal dunia di bawah reruntuhan gereja di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi pada Selasa kemarin.

Dan menurut pemberitaan Selasa (2/1) kemarin, BNPB dan pemerintah telah menyiapkan sedikitnya 1.000 kantung mayat serta 15 truk untuk membawanya ke tempat pemakaman umum. Sementara proses evakuasi pencarian korban masih terus dilakukan.

"Hari ini sudah disiapkan 15 truk dan 1.000 kantung mayat untuk pemakamkan. Berapa yang dimakamkan hari ini, ya. Jumlahnya akan disesuaikan dengan keadaan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta via laman CNN.

Baca juga: Mekanisme 'Tak Lazim' Tsunami Palu Sebabkan Kekeliruan Peringatan Dini Terungkap Karena Media Sosial

"Sudah ada 153 jenazah yang kemarin sudah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poboya dan sekitaran sana. Cuma paling banyak TPU Poboya," kata Sutopo.

Kondisi terkini di sejumlah daerah terdampak gempa adalah sudah mulai berbau tak sedap yang menyebar di jalanan Kota Palu saat truk atau mobil pengangkut jenazah melintas. Selain proses evakuasi, pengadaan fasilitas kesehatan juga masih terus diupayakan. Terlebih karena banyaknya warga yang ingin dirawat di luar ruangan mengantisipasi gempa susulan.

BNPB mencatat jumlah pengungsi yang sampai hari ini bertahan sudah mencapai 61.867 jiwa. Mereka tersebar di 109 titik di lokasi terdampak gempa dan tsunami. Para pengungsi disebut Sutopo masih sangat membutuhkan barang-barang seperti matras, selimut, makanan, minuman, air bersih, alat-alat sanitasi, dan kebutuhan lainnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)