home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus, Seberapa Jauh dengan Jarak dari Palu?

Rabu, 03 Oktober 2018 13:39 by reinasoebisono | 1688 hits
Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus, Seberapa Jauh dengan Jarak dari Palu?
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Di saat Palu dan Donggala tengah melakukan evakuasi dan normalisasi pascagempa dan tsunami yang telah menewaskan ribuan orang, bencana alam juga terjadi di wilayah Pulau Sulawesi.

Tepatnya di Sulawesi Utara, Gunung Soputan meletus pada Rabu (3/10) pukul 08.47 WITA, terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit.

Letusan tersebut terjadi di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara, melansir BBC. Kolom abu bertekanan kuat teramati berwarna kelabu dan coklat intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut.

PVMBG melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut. Hujan abu pun diperkirakan akan jatuh di bagian barat-barat laut Gunung Soputan, namun tidak akan mengganggu penerbangan.

Sejauh ini Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado yang berada di Tenggara Gunung Soputan, tetap beroperasi normal. Dari gambar yang terlihat, Gunung Soputan sendiri berjarak sekitar 590 km dari Palu.

Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, sudah membagikan masker, namun masyarakat belum perlu mengungsi karena masih aman.

Warga tetap dianjurkan tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 km yang memang dilaporkan tidak ada pemukiman dalam radius tersebut

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)