home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

LIPI Telusuri Penyebab Likuifaksi yang Tenggelamkan Satu Kampung di Petobo

Kamis, 04 Oktober 2018 08:12 by noudi0501 | 1460 hits
LIPI Telusuri Penyebab Likuifaksi yang Tenggelamkan Satu Kampung di Petobo
Image source: detik.com

DREAMERS.ID - Kondisi wilayah Petobo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah (Sulteng), masuk zona terparah yang terkena efek gempa 7,4 magnitudo. Ratusan rumah seakan lenyap ditelan bumi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan fenomena likuifaksi atau pencairan tanah itu terjadi. Peneliti Puslit Geoteknologi LIPI Adrin Tohari mengatakan fenomena likuifaksi terjadi pada lapisan tanah pasir. Pergerakan tanah terjadi karena hilangnya kekuatan lapisan tanah pasir di wilayah tersebut.

"Jadi likuifaksi ini terjadi karena lapisan tanah pasir bukan tanah bebatuan yang gembur istilahnya," kata Adrin dalam diskusi bertajuk 'Gempa dan Tsunami Donggala di Sesar Aktif Palu Koro' di LIPI, Jalan Sangkuriang, Kota Bandung, Rabu (3/10/2018).

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

Menurutnya likuifaksi yang terjadi di Palu dipicu guncangan gempa besar lebih dari 6 SR. Selain itu, sambung dia, guncangan gempa berlangsung lebih cukup lama. Jarak wilayah dengan pusat gempa juga menentukan potensi likuifaksi. Wilayah yang semakin dekat dengan titik gempa, kata dia, maka potensi terjadinya likuifaksi semakin besar.

"Daerah pesisir yang dekat dari sumber gempa akan lebih potensi terjadi likuifaksi. Apalagi situasi di Palu itu kondisi muka air tanah yang dangkal," ungkap Adrin.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)