home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Berarti Pemalas, Kebiasaan 'Mager' Ternyata Turunan dari Nenek Moyang

Jumat, 05 Oktober 2018 11:56 by fzhchyn | 3778 hits
Bukan Berarti Pemalas, Kebiasaan 'Mager' Ternyata Turunan dari Nenek Moyang
Image source: Alamy

DREAMERS.ID - Sebagian orang yang sadar akan kesehatan atau mereka yang disebut ‘workout freak’ mungin lebih memilih mengisi waktu luang dengan berolahraga. Namun jika kamu lebih memilih untuk bersantai sambil menonton acara tv atau drama favorit, bukan berarti kamu pemalas. Karena ternyata hal tersebut memang sifat bawaan manusia sejak dulu.

Sebuah studi yang dimuat di jurnal Current Biology mendapati bahwa perilaku yang dianggap malas seperti contoh di atas memang sudah ‘dari sananya’. Menurut studi tersebut, manusia pada dasarnya memang memiliki sifat malas yang merupakan karakteristik yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita dahulu.

Pada zaman dulu, makanan sulit diperoleh dan hanya bisa didapatkan dengan berburu. Kecenderungan untuk sedikit bergerak ini merupakan salah satu cara manusia purba untuk mempertahankan cadangan energi agar tak cepat lapar untuk mencari makanan di waktu berikutnya.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Meski evolusi telah mengubah cara hidup kita, kecenderungan untuk menjaga energi ini rupanya masih bertahan hingga sekarang, namun tidak kita lakukan secara sadar. Salah satu penulis studi, Max Donelan, profesor fisiologi dan kinesiologi dari Simon Fraser University, Kanada, mengatakan bahwa tubuh kita akan secara alami memilih cara terbaik untuk membatasi penggunaan kalori.

Saat berjalan, misalnya. Sistem saraf akan secara otomatis memerintahkan tubuh untuk berjalan dengan kecepatan dan panjang langkah seminim yang kita bisa untuk meminimalkan keluarnya kalori untuk mempertahankan energi itu tadi. Namun tentu saja ini sama sekali bukan alasan untuk kamu malas bergerak dan berolahraga, lho.

(fzh/womantalk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)