home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tahunan, Berapa Lama Proyeksi Sebenarnya Palu dan Donggala Bisa Pulih Normal Seluruhnya?

Sabtu, 06 Oktober 2018 13:43 by reinasoebisono | 1570 hits
Tahunan, Berapa Lama Proyeksi Sebenarnya Palu dan Donggala Bisa Pulih Normal Seluruhnya?
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Palu, Donggala dan sekitarnya mempercepat pemulihan hingga revitalisasi nantinya. Benca agempa dan tsunami memporakporandakan kawasan di Sulawesi Tengah itu.

Lalu sebenarnya kapan kira-kira daerah tersebut bisa pulih? Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjelaskan jika Palu dan Donggala bisa pulih dalam waktu dua tahun.

“Dua tahun palu bisa normal kembali. Tapi untuk status tanggap darurat satu atau dua bulan lebih supaya bisa normal," kata Wiranto.

Wiranto mengungkapkan pemulihan dilakukan dengan pembangunan sejumlah infrastruktur. Dalam waktu dekat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) bakal membangun barak pengungsi. 

"Minggu depan kita mulai pembangunan barak yang permanen siap huni dan teratur sederhana tapi lengkap ada dapur, MCK," kata Wiranto. 

Baca juga: Mekanisme 'Tak Lazim' Tsunami Palu Sebabkan Kekeliruan Peringatan Dini Terungkap Karena Media Sosial

Pembangunan barak tersebut dilakukan sambil menunggu konstruksi rumah yang akan dibangun oleh pemerintah. Melansir CNN, ada sekitar 65 ribu orang yang mengungsi akibat gempa dan tsunami. Sebagian ada yang memiliki rumah namun trauma berada di dalam karena gempa.

Sementara itu, sampai dengan H+6 pascagempa, Wiranto memastikan seluruh kantor pemerintah sudah mulai dibuka kembali. Pemerintah juga akan mulai membangun barak sekolah agar siswa bisa kembali mendapatkan fasilitas pendidikan. 

Selain itu pemerintah juga akan membangun monumen di lokasi kuburan massal yqng kemungkinan diletakkan di tiga lokasi terparah dengan dampak bencana yaitu Sigi, Petobo dan Balaroa.

"Satu daerah itu jadi makam massal. Kalau enggak itu bisa meninggalkan penyakit," ujar dia yang juga mengatakan hingga kini sudah ada 1.648 orang yang meninggal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)