home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal yang Sebaiknya Dipikirkan Sebelum Menyebarkan Foto atau Video Korban Kecelakaan Pesawat di Medsos

Selasa, 30 Oktober 2018 12:13 by reinasoebisono | 2657 hits
Hal yang Sebaiknya Dipikirkan Sebelum Menyebarkan Foto atau Video Korban Kecelakaan Pesawat di Medsos
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan tujuan Pangkal Pinang, Bangka Belitung di perairan Tanjung Karawang masih jadi sorotan masyarakat. Dengan adanya media sosial memang mempercepat penyebarab informasi.

Namun juga belum tentu informasi yang disebar itu kredibel dan benar seutuhnya. Yang ada justru membuat resah dan khawatir masyarakat. Atau ada pula informasi yang benar namun membuat sebagian orang yang berduka semakin bersedih.

Contohnya adalah foto-foto dan video yang memperlihatkan korban-korban jatuhnya pesawat nahas itu. Menurut Psikolog Ike R Sugianto, ada sejumlah alasan sebaiknya kita tidak gegabah melakukan hal tersebut. 

“Pertama, kita harus menghormati semua orang, termasuk menghormati korban pesawat Lion Air yang jatuh itu," kata Ike mengutip Liputan6.

Baca juga: Pesawat Jatuh Menimpa Pemukiman Padat Penduduk di Kongo, 29 Dinyatakan Tewas

Cara menghormatinya adalah dengan membiarkan keluarga korban mengenang sanak saudaranya yang berpulang dengan menjaga memori indah ketimbang dokumentasi amatir dengan kondisi tak layak.

Karena biasanya, kondisi korban kecelakaan, terutama dalam kasus jatuhnya pesawat seperti Lion Air JT 610 ini, kondisi korban yang ditemukan dalam kondisi mengenaskan atau tidak utuh. Hal ini mampu menimbulkan efek traumatis bagi yang melihatnya.

“Apalagi kalau yang melihat itu adalah anak kecil," kata Ika menekankan.

Lagipula coba dipikirkan lagi, apa manfaat menyebarkan foto-foto korban di media sosial? Apa hal tersebut justru menimbulkan ketakutan bagi orang banyak? Jika tujuannya untuk memberitahu, ada cara lain yang lebih baik, bahkan media pun tidak dengan gamblang menperlihatkan korban atau harus diburamkan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)