home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diselidiki KPK, Meikarta Diduga Mulai Pembangunan Sebelum Izin Selesai?

Rabu, 14 November 2018 10:02 by reinasoebisono | 766 hits
Diselidiki KPK, Meikarta Diduga Mulai Pembangunan Sebelum Izin Selesai?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - KPK masih menelusuri tentang kasus proyek Meikarta yang tengah dicek penyidik pada keterangan sejumlah saksi. Karena adanya informasi tentang dugaan penanggalan mundur dalam sejumlah dokumen perizinan proyek besar itu.

"Terkait dengan perizinan, KPK mendalami informasi adanya indikasi backdate atau penanggalan mundur dalam sejumlah dokumen perizinan Meikarta," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengutip Detik.

Dokumen yang dimaksud Febri antara lain adalah sejumlah rekomendasi sebelum penertiban IMB serta perizinan lingkungan dan pemadam kebakaran. Terlebih, Meikarta diduga sudah melakukan pembangunan sebelum perizinan selesai.

"Terkait dengan adanya dugaan backdate dalam perizinan Meikarta ini, KPK sedang menelusuri juga apakah pembangunan sudah dilakukan sebelum perizinan selesai," ucapnya.

Baca juga: Daftar Kasus Pengawal Tahanan KPK Dipecat karena Terima Uang

"Kami menduga persoalan perizinan Meikarta terjadi sejak awal, misalnya masalah pada tata ruang. Karena itu, sebenarnya beralasan bagi pihak pemprov, pemkab ataupun instansi yang berwenang untuk melakukan evaluasi terhadap perizinan Meikarta," imbuh Febri.

KPK pun telah menetapkan 9 tersangka termasuk Bupati nonaktif Neneng Hassanah Yasin. Para tersangka lainnya berasal dari jajaran Pemkab Bekasi yang diduga menerima suap sebesar Rp 7 miliar yang adalah fee fase pertama senilai Rp 13 miliar untuk perizinan proyek Meikarta.

Terkait evaluasi perizinan Meikarta ini, KPK sudah pernah angkat bicara. Salah satunya, KPK mencontohkan soal evaluasi perizinan yang dilakukan berbagai instansi berwenang saat KPK menangani dugaan suap Raperda Reklamasi Jakarta. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)