home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perlukah Pemberian Antibiotik Saat Sakit? Begini Penjelasan Dokter

Jumat, 16 November 2018 11:16 by noudi0501 | 2747 hits
Perlukah Pemberian Antibiotik Saat Sakit? Begini Penjelasan Dokter
Image source: health.detik.com

DREAMERS.ID - Pemberian antibiotik sebenarnya penting untuk membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi. Tetapi, pemberian antibiotik tidak boleh sembarangan.

Dilansir dari laman DEtik, menurut spesialis mikrobiologi klinik dari Universitas Indonesia, dr Erni Nelwan SpPD, antibiotik hanya diberikan pada kecurigaan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Banyak hal yang bisa membuat kita sakit seperti jamur atau virus yang sebenarnya tidak perlu antibiotik. 

Baca juga: Simak 8 Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas dan Lebih Nyenyak

"Kita tinggal di daerah tropis, kita menyadari bahwa banyak penyakit yang akan bisa ditularkan. Taruhlah misalnya demam dan trombosit kita naik, itu bisa ada 15-20 penyakit yang bisa terjadi dan kemungkinan butuh antibiotik hanya 1 atau 2 penyakit saja," katanya saat dijumpai di RS Universitas Indonesia, Depok, Kamis (15/11/2018).

Mayoritas masyarakat terkadang mengira dengan antibiotik semua penyakit bisa sembuh, padahal dampaknya ketika mengonsumsi antibiotik dengan jumlah banyak dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

"Tubuh juga punya imunitas, jadi tidak semua penyakit butuh antibiotik. Kalau hanya sakit tenggorokan, flu biasa nggak perlu antibiotik. Kecuali dalam 3 hari sakitnya enggak sembuh, itu tentu harus periksa ke dokter dulu," tutupnya.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)