home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kasus Sekejap Viral, Begini Jaminan Jokowi Berikan Grasi Jika PK Baiq Nuril Ditolak Mahkamah Agung

Senin, 19 November 2018 15:52 by reinasoebisono | 1158 hits
Kasus Sekejap Viral, Begini Jaminan Jokowi Berikan Grasi Jika PK Baiq Nuril Ditolak Mahkamah Agung
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Masyarakat Indonesia dikejutkan dan masih diramaikan oleh kasus guru perempuan bernama Baiq Nuril yang harus mendekam di penjara lantaran mengungkap rekaman kepala sekolahnya yang dinilai melakukan pelecehan seksual.

Tak sedikit publik yang menilai jika hukuman terhadap Baiq Nuril itu seperti istilah tumpul ke atas tapi tajam ke bawah, alias masyarakat kecil atau warga biasa mendapat hukuman seberat-beratnya namun tidak untuk para pejabat atau elit di atas.

Kini Presiden Jokowi pun angkat bicara dan berharap Mahkamah Agung bersikap adil dalam kasus mantan pegawai honorer SMA 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat itu. Jokowi juga mengatakan Baiq Nuril bisa mengajukan berkas peninjauan kembali kepada MA atas putusan kasasi yang memperberat hukumannya.

"Kita berharap MA memberikan keputusan yang seadil-adilnya," kata Jokowi, mengutip Liputan6..

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Jokowi menghormati proses hukum yang tengah berjalan dan tak bisa mengintervensi perkara yang menjerat Baiq tersebut. Namun Jokowi membuka ruang untuk memberikan pengampunan bagi Baiq jika hasil putusan PK di MA tak memuaskan alias kandas.

"Seandainya PK belum dapat keadilan, bisa ajukan grasi ke presiden. Kalau sudah grasi itu bagian saya," ucap Jokowi.

Baiq Nuril diputus bebas pada pengadilan tingkat pertama, namun jaksa mengajukan banding yang diterima oleh MA sehingga Baiq diputuskan bersalah dan  dihukum enam bulan penjara denda Rp500 juta atau pidana tiga bulan apabila tidak membayar denda. Nuril dinilai bersalah melanggar Pasal 27 ayat (1) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)