home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Dua Pihak Soal Viralnya Pidato Prabowo Sebut Ajukan Kredit ke Bank Indonesia Sulit

Minggu, 25 November 2018 11:17 by reinasoebisono | 15452 hits
Penjelasan Dua Pihak Soal Viralnya Pidato Prabowo Sebut Ajukan Kredit ke Bank Indonesia Sulit
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Prabowo Subianto yang juga calon presiden nomor urut dua di Pilpres 2019 ini kembali membuat heboh dari pidatonya yang mengaku sempat kesulitan mengajukan kredit ke Bank Indonesia.

Diketahui dalam video tersebut, Prabowo yang juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra itu tampak berbicara saat sedang berkampanye bersama banyak orang. Video itu banyak beredar di berbagai media sosial baik Twitter hingga Youtube. 

"Jangan kita malu kalau kita nggak punya duit, kita tidak malu. Saya mantan perwira tinggi, saya berjuang untuk republik ini, keluarga saya berjuang untuk kemerdekaan ini, saya minta kredit dari Bank Indonesia, saya nggak bisa-bisa dapet. Apalagi kalian, mantan Pangkostrad saja nggak bisa, apalagi tampang kalian," ujar dia.

Wajar hal ini mengundang banyak pertanyaan soal tugas dan kewajiban Bank Indonesia yang tentu memiliki tugas yang berbeda dari bank pada umumnya. Menyangkut hal ini, pihak BI dan tim sukses Prabowo pun memberi penjelasan.

Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat menjelaskan bahwa BI sendiri merupakan bank sentral yang memiliki tugas untuk mengontrol transaksi antara perbankan. Sehingga, fasilitas pinjaman kredit bukan menjadi tugasnya.

Baca juga: 'Belanja Aneh' Menhan Prabowo, Ada Dorongan Dari Presiden Jokowi?

“Nggak bisa (beri kredit), kan BI itu bank sentral jadi hanya berhubungan dengan bank-bank, mengenai transaksinya, mengontrol transaksi antar bank," jelas Arbonas mengutip Detik. "Nggak pernah dengar, nggak boleh ya. Nggak bisa (mengajukan pinjaman ke BI)"

Dan ternyata senada dengan timses Prabowo sendiri, juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan maksud pernyataan Prabowo bukan lah pengajuan kredit di BI. Melainkan, bank yang terdapat di Indonesia.

"Jadi Pak Prabowo bercerita saja bahwa beliau sebagai mantan jenderal kesulitan mendapatkan kredit bank di Indonesia, bukan di Bank Indonesia. Kan kita ngajuin kredit bukan ke BI tapi bank di Indonesia," jelas dia

“Jadi itu Pak Prabowo menyampaikan soal masalah yang pernah Beliau hadapi. Pernah mengajukan di bank di Indonesia tapi tidak disetujui padahal kita tahu Pak Prabowo rekam jejaknya bagus. Itu lho Kiani Kertas dibeli, dan dilunasi utangnya. Terus butuh baru untuk mengembangkan (Kiani Kertas) pinjaman itu kesulitan," tutup dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)