home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Penjelasan Medis Mengapa Orang Bisa Alergi Olahraga

Senin, 26 November 2018 14:11 by noudi0501 | 1904 hits
Ternyata Ada Penjelasan Medis Mengapa Orang Bisa Alergi Olahraga
Image source: Woman Talk

DREAMERS.ID - Terkadang ketika berolahraga, beberapa orang akan merasa gatal yang sangat parah bahkan sampai benar-benar seperti merah membara. Yang dimaksud bukan gatal akibat pembakaran lemak, tapi gatal yang rasanya seperti alergi.

Karena ternyata memang ada alergi akibat berolahraga. Berdasarkan penelitian medis yang dilansir dari sciencealert, ini 4 alasan kenapa beberapa orang alergi berolahraga!

Dialami oleh sekitar 2% orang dari total populasi


Image source: idntimes.com

Digambarkan dalam spektrum untuk pelevelannya, anaphylaxis yang dipicu olahraga atau lebih dikenal dengan EIA memang benar ada. Seringkali ini terjadi sebagai akibat aktivitas berlebihan saat jogging, bermain tenis, menari atau bersepeda. Namun pada beberapa kasus, olahraga ringan seperti berjalan pun bisa menyebabkannya.

Antibodi akan diproduksi untuk melawan sesuatu


Image source: idntimes.com

Disebut alergi karena reaksinya hampir sama dengan berbagai bentuk alergi, bentuknya pun berbeda pada tiap orang, bisa gatal, kemerahan dan terkadang dalam bentuk masalah pencernaan.

Selama terjadi reaksi alergi, sistem imun, pertahanan tubuhmu akan membentuk antibodi, sekelompok protein dalam darah yang melawan bakteri dan benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Jika kamu tetap berolahraga ketika ini terjadi, reaksinya akan semakin menjadi. Bahkan sampai bisa menyebabkan tersumbatnya tenggorokan atau tekanan darah rendah, yang bisa menjadi gangguan sirkulasi udara maupun darah.

Baca juga: Ternyata Ada Bahayanya Mengkonsumsi Nasi Sisa Kemarin

Pola makanan


Image source: idntimes.com

EIA juga memiliki tipe food-dependent exercise-induced anaphylaxis (FDEIA), yaitu bentuk alergi yang muncul saat kamu berolahraga tepat setelah makan makanan tertentu.

Mungkin kamu gak akan alergi saat makan makanan tersebut secara biasa, tapi jika langsung digunakan untuk berolahraga maka bisa menimbulkan alergi tersebut. Makanan paling umum yang berkorelasi dengan FDEIA adalah gandum, kerang, tomat, kacang dan jagung.

Beberapa lainnya yang juga berpengaruh adalah daging, buah, biji-bijian, susu, kedelai, selada dan nasi. Bukan berarti kamu harus menghindari makanan tersebut sebelum berolahraga, tapi berilah jarak waktu yang cukup panjang antara makan dan olahraga.

Belum ditemukan penyembuhannya 


Image source: idntimes.com

Sayangnya para peneliti mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk mencegah EIA adalah dengan melakukan olahraga dalam intensitas yang ringan. Atau kamu bisa mengganti bentuk olahraga yang kamu lakukan, misalnya berenang, karena berenang sejauh ini diketahui gak berhubungan dengan IEA.

Kalau kamu curiga ada efek makanan yang menyebabkanmu alergi saat berolahraga, rekomendasi medisnya adalah jangan makan makanan tersebut setidaknya 6-8 jam sebelum berolahraga.


Image source: idntimes.com

Selain penyebab tersebut, udara yang sangat panas atau sangat dingin juga bisa memperparah kondisi EIA, jadi jangan berolahraga di saat seperti itu. Jika merasa kondisi ini mengganggu, segera lakukan konsultasi medis ke ahlinya. Jangan diremehkan ya, karena ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan lanjutan yang serius.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)