home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fenomena Miris Ketika Sampah dari Korsel hingga Indonesia Hanyut Sampai ke Pesisir Inggris!

Senin, 26 November 2018 19:43 by reinasoebisono | 7774 hits
Fenomena Miris Ketika Sampah dari Korsel hingga Indonesia Hanyut Sampai ke Pesisir Inggris!
Image source: Mirror

DREAMERS.ID - Kelompok pembersih pantai menemukan fenomena yang cukup mengejutkan mengenai sampah-sampah yang hanyut sampai ke Guernsey, Kepulauan Channel, Inggris. Pasalnya, sampah-sampah itu berasal dari negara yang berjarak ratusan bahkan ribuan kilometer dari sana.

Melansir laman Daily Mail via Kompas, sampai dari seluruh dunia itu berasal dari Korea selatan, Argentina, Turki, Rusia, Spanyol, Malaysia bahkan Indonesia. Temuan ini sekaligus jadi bukti nyata jika pesisir Inggris menjadi ‘tempat pembuangan sampah dunia’.

Beberapa sampah yang ditemukan itu termasuk tumpukan plastik, karet, jaring, polister, perkakas hingga karung. Asal sampah itu pun dapat dilacak melalui kode serial dan bahasa pada labelnya sehingga bisa diketahui dari negara mana sampah itu berasal.


Botol sampah dari Malaysia (Mirror)

Sebagai contoh, produk WD40 yang berasal dari Korea Selatan berarti menunjukkan kaleng itu telah mengapung sejauh lebih dari 9.400 kilometer. Sementara ada pula kaleng berkarat dari Argentina yang sampai pulau tersebut berarti telah menempuh perjalanan laut sejauh 11.200 kilometer.

Seorang fotografer bernama Richard Lord yang bergabung dengan kelompok pembersih pantai selama 10 tahun itu pun mengunggah foto-fotonya ke media sosial.

Baca juga: Sering Terlihat Mengambang, Peneliti ITB Ungkap Ternyata Styrofoam Bukanlah Penyebab Banjir

"Pembersih pantai menemukan produk dari AS, Spanyol, Kanada, Argentina, Perancis, China, Korea Selatan, Indonesia, Yunani, Tunisia, Turki, Singapura, Nigeria, Korea Selatan, Malaysia, Rusia, Jerman, Denmark, dan Belanda," kata Richard Lord.


Bungkus makanan dari Spanyol (Mirror)

Ada pula pemberish pantai lainnya, Janet Unitt yang mengaku pernah menemukan sampah dari Asia Timur seperti botol kosong jus jeruk.

"Kemudian semakin saya membersihkan tanjung yang berbatu, semakin saya menemukan barang-barang dari Eropa dan Asia Timur," ucapnya. "Mengapa sebuah pulau kecil di tengah-tengah Selat Inggris mendapat sampah dari lokasi yang jauh? Itu membuat saya marah,"

Julian Kirby dari Friends of the Earth pun mengatakan jika pemerintah perlu memperkenalkan undang-undang yang harus menghentikan penggunaan plastik tidak perlu. "Masyarakat pesisir di seluruh dunia harus berurusan dengan gelombang harian dari polusi plastik," tuturnya.

Nyatanya kasus sampah plastik tidak hanya viral di Indonesia karena fenomena puas mati dengan isi perut sampah plastik berkilo-kilo di Kepulauan Wakatobi. Tapi isu ini bisa membuat siapa pun menjadi ‘pelaku’ maupun ‘korban’ jika tidak menyadari bahayanya membuang sampah sembarangan dan tidak menghentikan penggunakan plastik sekali pakai.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)