home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Gwarosa', Potret Ironis Kerja Keras Sampai Mati di Korea Selatan

Kamis, 29 November 2018 17:22 by fzhchyn | 2142 hits
'Gwarosa', Potret Ironis Kerja Keras Sampai Mati di Korea Selatan
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Kasus bunuh diri di Korea Selatan telah menjadi salah satu cermin tekanan hidup di Negeri Ginseng. Namun ada kasus lain yang sama ironisnya, yaitu ‘kerja keras sampai meninggal’ atau yang dalam bahasa Korea disebut Gwarosa.

Seseorang yang meninggal karena terlalu lelah bekerja ini memang benar-benar terjadi di Korea. Park Hyun Suk menjadi janda setelah Chae Soo Hong, suaminya meninggal dunia karena bekerja terlalu keras. 

Chae bekerja sebagai seorang supplier makanan, khususnya jangjorim, makanan khas Korea yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam kecap. Tugas utamanya adalah untuk memastikan kualitas makanan tepat dan produksi tepat waktu. Dalam seminggu dia akan bepergian ke pabrik-pabrik perusahaan di berbagai tempat dan mengawasi produksi. Sabtu akhir pekan dia akan tetap pergi ke kantor utama untuk bekerja. 

Namun sesampainya di rumah, tugasnya belum selesai. Dia seringkali menghabiskan malamnya untuk menerima telepon dari karyawan pabrik, terutama pada pekerja migran yang butuh bantuannya untuk menyesuaikan hidup di Korea Selatan. Itu bukan tugasnya, tapi itu menjadi tugas 'terselubungnya.' Dalam seminggu, Chae menghabiskan 180 jam untuk bekerja.

"Ketika dia pertama kali masuk ke perusahaan pada 2015, mereka hanya punya 30 pekerja. Sampai dia meninggal, perusahaan berkembang dan punya 80 pegawai tapi tugasnya juga makin banyak," kata Park kepada CNN. Pekerjaan Chae yang menyita waktu ini juga membuat tubuhnya makin kelelahan.

"Dia mungkin berpikir kalau bekerja seperti itu adalah hal normal. Dia adalah bagian dari generasi baby boomer yang menjadikan dia seorang pekerja keras karena dia adalah kepala keluarga. Dia tidak mengeluh dan tak istirahat."

"Korea adalah lingkungan yang menuntut kerja lembur dan kerja keras. Mereka menuntut Anda untuk bekerja lebih dari jam kerja. Mereka pikir bekerja lebih lama berarti bekerja lebih baik dan produktif."

Chae meninggal dunia sekitar pukul 19.00 pada Agustus 2017 lalu. Namun penyebab pasti meninggalnya Chae sampai sekarang tak pernah diketahui. Menurut data pemerintah Korea, Chae adalah satu dari ratusan orang yang meninggal dunia karena kelelahan bekerja pada 2017. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)