home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perbedaan Wisatawan Lokal dan Mancanegara Akan Dikenai Wajib Bayar Uang Kebersihan Lokasi Wisata

Jumat, 30 November 2018 15:47 by reinasoebisono | 1437 hits
Perbedaan Wisatawan Lokal dan Mancanegara Akan Dikenai Wajib Bayar Uang Kebersihan Lokasi Wisata
Image source: Jejak Piknik

DREAMERS.ID - Ada lagi tindakan pemerintah menanggapi kasus paus mati dengan isi perut penuh limbah plastik berkilo-kilo di Kepulauan Wakatobi. Pemerintah akan mengenakan pungutan wajib untuk uang kebersihan kepada wisatawan.

Baik wisatawan asing mau pun domestik, yang tentu saja di wilayah wisata. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan uang pungutan ini akan digunakan untuk menjaga kebersihan wilayah tersebut.

Ada pun perbedaan dari wisatawan domestik dan mancanegara terlihat dari biayanya. Luhut juga menegaskan jika penanganan sampah plasti mendapat perhatian besar dari pemerintah karena telah ditemukan banyak kasus rusaknya keanekaragaman hayati karena sampah plastik.

Baca juga: Jangan Ditiru, Ini Deretan Kesalahan Turis Saat Berwisata ke Roma

"Kalau turis asing sekitar USD 10. Kalau lokal mungkin USD 1. Tapi dimasukkan dalam tiket atau di hotel dia nginap. Sehingga nanti bisa dikelola oleh Pemda dengan benar," kata Luhut mengutip laman Merdeka.

"Sampah plastik ini saya serius. Kemarin Pulau Pari di Kepulauan Seribu, ikan, penyu mati karena limbah di sana," tegasnya.

"Uang (pungutan uang kebersihan) itu akan kita gunakan untuk pembersihan. Sehingga dengan Perpres waste to energy dan ini, maka akan ada perubahan besar ke depan dalam penanganan sampah," tandas Luhut lagi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)