home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Disangka, Anak Muda Korsel Justru Inginkan Korea Bersatu?

Senin, 03 Desember 2018 10:57 by reinasoebisono | 825 hits
Tak Disangka, Anak Muda Korsel Justru Inginkan Korea Bersatu?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Efek sebuah perang bisa berlanjut pada hilangnya simpati, hingga rasa dendam dan tak ingin lagi memiliki hubungan dengan pihak lawan. Yang terburuk, bisa jadi perang terus berlanjut dan berlarut-larut tanpa ada pihak yang mengalah.

Namun sepertinya masyarakat muda Korea Selatan memiliki pandangnan lain terkait sejarah negaranya yang membuat Korea terpecah menjadi dua negara saudara yang terpisah, Selatan dan Utara. Mereka dibuktikan melalui jajak pendapat justru memiliki pandangan positif tentang penyatuan keduanya.

Jajak pendapat itu baru dilakukan oleh Komite Unifikasi dan Hubungan Luar Negeri di Majelis Nasional. Survei tersebut, dilansir laman VOA Indonesia via Liputan6, dilakukan pada awal November yang melibatkan lebih dari 1.000 mahasiswa dari berbagai penjuru Korea Selatan.

Hasil survei menunjukkan 52.8% menjawab jika ‘unifikasi diperlukan’. Hal ini lebih dari dua kali lipat daripada yang menentangnya, yaitu 26.1%. Peneliti Park Ju Hwa dari Korea Institure National Unification pun memberikan paparan dugaannya.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Menurutnya, dimungkinkan pendekatan Korea Utara yang lebih bersahabat kini terhadap Seoul dan jangkauannya ke komunitas global mepengaruhi suara anak muda Korsel mendukung dua Korea bersatu.

Park juga menambahkan tidak adanya uji coba nuklir atau misil tahun lalu, ditambah pertemuan Presiden Korsel Moon Jae In dengan pemimpin Korut Kim Jong Un dianggap membawa perubahan dalam pikiran orang muda.

Direktur Youth and Future, Jeong Hyun-gon menambahkan fokus global terhadap pembicaraan dengan Pyongyang membantu membuat para mahasiswa itu menjadi lebih tertarik pada masalah tersebut dibandingkan dengan sebelumnya.

Data survei lebih jauh menunjukkan 42,1 persen responden beralih dari semula berpandangan negatif menjadi positif mengenai Korea Utara setelah KTT Pyongyang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)