home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Infeksi Virus Komputer di Indonesia Makin Ganas

Kamis, 04 April 2013 14:15 by miko | 2079 hits
Duh, Infeksi Virus Komputer di Indonesia Makin Ganas
dreamersradio.com

Semakin tingginya pengguna internet di Indonesia juga diikuti dengan serbuan program jahat yang seakan tak pernah habis. Bahkan pada bulan Maret 2013 ini, perkembangan malware semakin agresif termasuk di Indonesia.

Menurut perusahaan keamanan Eset, peningkatan agresi malware di bulan Maret juga dialami oleh seluruh negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia, 10 virus utama masih mendominasi seperti Ramnit, Sality, Autostart, Virut dan Conficker. Ada penurunan yang sangat tipis yang berpengaruh pada peringkat masing-masing virus tersebut.

“Tetapi aktifitas virus lain mengalami peningkatan sehingga secara keseluruhan prevalensi di Indonesia mengalami peningkatan yaitu 16,61%,” ungkap Eset, dalam keterangannya.

Sementara itu, Malware yang baru muncul di Maret 2013 adalah Win32/Adware.MultiPlug. Malware ini terhitung malware lama, Eset mengidentifikasinya sejak Juli 2012. Hingga saat ini peredaran threat dengan kategori Adware tersebut terkonsentrasi di Eropa dan Asia Tenggara dengan Indonesia sebagai negara terbanyak terkena serangan Adware ini.

Baca juga: Rawan Di-hack, Twitter Imbau Pengguna Android Perbarui Aplikasi

Adware Win32/Adware.MultiPlug biasanya tampil sebagai iklan yang menawarkan kemudahan berbelanja online seperti penawaran produk, diskon.

Aplikasinya bisa didownload dari 'situs produsen software' atau menjadi satu paket dengan software instalasi pihak ketiga dengan nama 'SaveAs' atau 'SaveByClick'. Selanjutnya program yang didownload tersebut akan memasukkan code-code didalam Programs and Features section di Control Panel.

Jika ditemukan adanya tampilan iklan penawaran atau kupon belanja dan menyatakan 'by SaveAs' atau 'by SaveByClick' bisa jadi indikasi komputer terinfeksi Adware. Win32/Adware.MultiPlug masuk di peringkat 8 dari 10 malware teratas yang beredar di Indonesia Maret 2013.

“Adware akan menjadi berbahaya karena adware juga dapat melakukan fungsi pelacakan seperti spyware. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah 10 malware utama tersebut menunjukkan tren aktifitas yang meningkat, sehingga perlu diwaspadai potensi peningkatannya di Bulan April,” tutur juru bicara  Eset.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)