home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Masih yang Terendah, Apa Rahasia Singkawang Jadi Kota Paling Toleran di Indonesia?

Senin, 10 Desember 2018 14:41 by reinasoebisono | 1688 hits
Jakarta Masih yang Terendah, Apa Rahasia Singkawang Jadi Kota Paling Toleran di Indonesia?
Image source: Traveling Yuk

DREAMERS.ID - Setara Institute merilis kota-kota paling toleran di Indonesia, termasuk kota yang paling tidak toleran dengan berbagai alasannya. Yang mengejutkan, Jakarta justru berada di urutan tiga terbawah sebagai kota yang paling tidak toleran di Indonesia.

Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan suli mebuat Jakarta jadi kota toleran karena masih banyak hambatan. Kota dengan predikat toleransi paling renda adalah Tanjung Balai dengan skor 2,81; Banda Aceh 2,83; Jakarta 2,88; Cilegon 3,42; Padang 3,45; Depok 3,49; Bogor 3,53; Makassar 3,63; Medan 3,71; dan Sabang 3,75.

"Aksi-aksi dengan berpolitik itu masih sering terjadi di Jakarta dan Jawa Barat. Bukan cuman toleransi tapi memang mendapat rapor merah dari beberapa tahun lalu," kata Hendardi mengutip CNN.

Momen Pilpres dan Pilkada juga menjadi pengaruh sulitnya Jakarta jadi kota yang toleran. Termasuk banyaknya aksi yang diselenggarakan di ibo kota karena terlihat tampilan politik identitas dalam agama atau pun suku yang ada.

Sementara kota yang paling toleran di Indonesia diraih oleh oleh Singkawang, Kalimantan Barat. Kota ini dinilai memiliki masyarakat yang sangat unik dan pluran serta tidak ada dominan di sana.

"Kebutuhan terhadap keharmonisan ini adalah menjadi kebutuhan kita dan ini mengharuskan pemerintah dan masyarakat sipil harus mampu memelihara dan mewujudkan kualitas toleransi dalam rangka kita mewujudkan kehidupan harmonis dalam keberagaman," kata Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan di Pontianak sebagaimana dilansir Antara, Senin (10/12/2018).

"Nah, pemikiran ini yang selalu kami tanamkan jangan menjadi individu yang merasa dominan. Sehingga kita bisa saling menghargai," ujarnya. 

Selama dua tahun pula Singkawang mendapat predikat ini yang menurut Irwan, visi misi Singkawang paling atas adalah harmonisasi dalam keberagaman agama, budaya dan etnis.

"Ketika kami ada sedikit konflik atau debat panas, maka dengan atas nama toleran Alhamdulillah semua sejuk," tambahnya. "Jadi itu visi misi kami, dan kami berjanji akan mempertahankan predikat ini melalui visi misi kami,"

"Sehingga Pancasila, NKRI, keberagaman dan Kebhinekaan Tunggal Ika tetap terpelihara di bumi Indonesia," sebutnya. "Dengan toleransi maka dipermudah hidup harmonis di tengah keberagaman dan perbedaan RAS, etnis, agama dan identitas diri serta lainnya,"

Berdasarkan hasil penilaian Setara Institute pada Indeks Kota Toleran (IKT) 2018, bahwa 10 kota dengan skor tertinggi adalah sebagai berikut, peringkat 1 Kota Singkawang dengan skor 6,513, peringkat 2 Salatiga (6,477), peringkat 3 Pematang Siantar (6,280), peringkat 4 Manado (6,030), peringkat 5 Ambon (5,960). Sementara peringkat 6 Kota Bekasi (5,890), peringkat 7 Kupang (5,857), peringkat 8 Tomohon (5,833), peringkat 9 Binjai (5,830) dan peringkat 10 Surabaya (5,823).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)