home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Menggunakan Uang Asli untuk Mahar Bisa Terkena Pidana, Harus Apa?

Jumat, 21 Desember 2018 10:43 by reinasoebisono | 3066 hits
Ternyata Menggunakan Uang Asli untuk Mahar Bisa Terkena Pidana, Harus Apa?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Mahar atau mas kawin umumnya adalah uang yang dalam eksekusinya dirangkai sedemikian rupa di pigura atau dalam bentuk parcel cantik untuk jadi kenangan dan didokumentasikan di hari pernikahan. Namun ternyata menggunakan uang asli dalam membuat hiasan mahar bisa terjerat kasus pidana.

Hal ini diketahui ketika larangan tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal, Joni Marsius, Kamis (20/12). Dalam waktu dekat pun, pihak BI akan menggelar sosialisasi kepada para pengrajin hiasan uang mahar tentang pelarangan menggunakan uang rupiah asli sebagai bahan pembuatan hiasan mahar pernikahan.

"Membuat mahar menggunakan uang rupiah asli tidak diperbolehkan. Perajin harus mengetahui itu, karena bisa dipidana," ucap Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, Joni Marsius.

Joni menambahkan, dalam Undang-undang (UU) Nomor 7 tahun 2011, masyarakat dilarang merusak uang kertas. Ancaman pidananya adalah penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar. Untuk itu, BI mengingatkan kepada para perajin hiasan uang mahar pernikahan untuk menggunakan uang mainan saja.

Penggunaan uang asli dalam pembuatan hiasan mahar akan berdampak pada rusaknya uang rupiah. Pasalnya uang akan digunting, distapler, diisolasi dan dilem. "Kalau pakai uang asli, kemudian rusak, dan suatu saat akan ditukarkan, maka BI tidak akan menerima. Uang mahar itu akan disita karena dengan sengaja merusak rupiah," papar Joni.

Lalu untuk alternatifnya tentu paling masuk akal menggunakan uang mainan. Namun penggunaan uang mainan juga harus ada kriterianya. Salah satunya adalah ukuran uang mainan tidak boleh sama dengan yang asli dan tulisan uang mainan yang tercantum di kertas harus lebih dominan.

Dari sejumlah sisi perajin pun telah mengetahui adanya larangan tersebut yang menurut salah satu perwakilan dair Komunitas perajin uang mahar pernikahan Kora Tegal, Santi Widowati (49) mengatakan jika hal itu berdampak pada turunnya jumlah pesanan yang masuk.

"Sejak tahu ada larangan itu, saya banyak menolak pesanan. Saya tidak berani karena mereka menghendaki pakai uang asli," kata Santi mengutip Detik. Santi juga mengaku, saat ini masih ada perajin di Kota Tegal yang masih menggunakan uang kertas asli. Mereka beralasan, karena permintaan dari pemesan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)