home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Klarifikasi PPI Taiwan Soal Dugaan Mahasiswa Indonesia Alami Kerja Paksa

Jumat, 04 Januari 2019 13:00 by bellaevania | 1337 hits
Begini Klarifikasi PPI Taiwan Soal Dugaan Mahasiswa Indonesia Alami Kerja Paksa
Image Source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID -  Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Taiwan memberikan klarifikasi terkait dugaan ratusan mahasiswa Indonesia yang menjadi korban kerja paksa di Taiwan.

Berdasarkan keterangan tertulis yang disampaikan Presiden PPI Taiwan, Program kuliah kerja magang adalah program legal di bawah kebijakan New Southbound Policy (NSP), dengan nama Industrial Academia Collaboration. Ada total 69 universitas dan sekitar 6 sampai 10 universitas yang fokus dengan pelajar dari Indonesia.

Para mahasiswa memang harus bekerja magang untuk memenuhi biaya sekolah dan hidupnya karena tidak adanya beasiswa. Mahasiswa pun mendapat upah atas pekerjaan di pabrik. Namun diketahui ada kelebihan jam kerja dari apa yang ditentukan.

Baca juga: Ratusan Mahasiswa Indonesia Jalani Kerja Paksa di Taiwan, Ini Faktanya

"Setelah kami mengonfirmasi ke beberapa mahasiswa di universitas yang disebut dalam pemberitaan, memang ada kelebihan jam kerja dari yang telah ditentukan (20 jam per minggu untuk pelajar). Seluruh jam kerja yang dilakukan tetap diberikan gaji dan kata “kerja paksa” sebenarnya kurang tepat untuk hal ini," tulis PPI, menutip VIVA.

Kasus ini telah menjadi perhatian PPI Taiwan dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei sejak tahun lalu. Pemerintah Indonesia melalui KDEI Taipei sedang berkoordinasi dengan otoritas di Taiwan untuk mencari solusi bersama.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)