home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ilhan Omar, Perempuan Berhijab Pertama di Parlemen Amerika Serikat

Sabtu, 05 Januari 2019 19:38 by bellaevania | 1087 hits
Ilhan Omar, Perempuan Berhijab Pertama di Parlemen Amerika Serikat
Image Source: Mg.globalvoices

DREAMERS.ID - Ilhan Omar, perwakilan Partai Demokrat Minnesota resmi menjadi anggota parlemen Amerika Serikat pada Jumat, (04/12/18). Keberadaan Omar di parlemen Amerika Serikat ini pun mencetak sejarah baru di dunia politik Amerika Serikat.

Legislator berdarah Somalia-Amerika ini secara terbuka mengungkapkan keinginannya untuk mengenakan hijab di gedung parlemen. "Tak ada yang bisa merenggut hijab di kepala kecuali saya. Ini adalah pilihan saya - salah satu yang dilindungi oleh amandemen pertama. Dan ini bukanlah akhir dari larangan yang akan coba saya angkat," kata Omar lewat akun Twitternya usai memenangkan pemilihan pada November tahun lalu, seperti dilansir dari Dream.

Juru Bicara Parlemen, Nancy Pelosi dan Kepala Komite Aturan Parlemen, Jim McGovern, mendukung permintaan Omar untuk bisa tampil berhijab di parlemen. Permintaan tersebut masuk dalam paket kebijakan partai yang dirilis pada Selasa malam.

Baca juga: Intip Fashion Hijab Dengan Paduan Warna Putih a La Ameliaelle

Partai Demokrat yang menjadi paying politik Omar merupakan mayoritas di parlemen Amerika Serikat. Sebagai partai mayoritas, Partai Demokrat memiliki kendali penuh terhadap pengelolaan parlemen termasuk mengubah sejumlah aturan yang telah berlaku.

Sebelum Omar dilantik, Partai Demokrat mengubah larangan tersebut hingga akhirnya Omar menjadi wanita berhijab pertama di parlemen Amerika Serikat. Larangan penggunaan segala bentuk penutup kepala, baik topi, tudung, bahkan hijab sendiri telah diberlakukan di gedung parlemen Amerika Serikat sejak tahun 1837.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)