home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kini Ada Makhluk Hidup di Bulan Berkat Pendaratan Negara Cina!

Minggu, 06 Januari 2019 22:00 by bellaevania | 1062 hits
Kini Ada Makhluk Hidup di Bulan Berkat Pendaratan Negara Cina!
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Adanya mahluk hidup di bulan kerap menjadi perdebatan. Namun saat ini bisa dipastikan ada makhluk hidup di bulan. Bukan alien, melainkan benih kentang dan selada.

Negara China, membawa benih-benih kentang dan selada melalui wahana antariksa yang disebut Chang’e-4. Tak hanya membawa tanaman, Chang’e-4 juga membawa hewan berupa telur ulat sutera. Ide awalnya, tanaman akan menyokong hidup ulat sutra dengan oksigen. Sementara ulat sutra akan menyediakan tanaman dengan karbon dioksida dan nutrisi dari kotoran mereka.

Eksperimen ini dilakukan para peneliti kolaborasi dari 28 universitas di China untuk melihat apakah tanaman bisa melakukan fotosintesis dan tumbuh di lingkungan Bulan. "Kami ingin mempelajari respirasi benih dan fotosintesis di Bulan," ungkap Xie Gengxin, kepala perancang percobaan ini dikutip dari Live Science melalui Kompas, Kamis (03/01/2019).

Baca juga: 5 Karakter Drama Korea Ini Bikin Penonton Darah Tinggi

Eksperimen ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai Bulan sebagai tempat tinggal. "Eksperimen kami mungkin membantu mengumpulkan pengetahuan untuk membangun basis Bulan dan tempat tinggal jangka panjang di sana," ucap Liu Hanlong, direktur utama percobaan ini.

Tumbuhan selada dipilih karena periode pertumbuhannya yang cepat dan mudah diamati. Sementara kentang diyakini bisa menjadi sumber makanan utama bagi para turis luar angkasa di masa depan.

Sebelumnya, eksperimen serupa pernah dilakukan. Dalam percobaan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), tanaman rockcress berhasil tumbuh di lingkungan bulan.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)