home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wara-wiri Hoax di Tahun Pemilu yang Makin Ramai di Tengah Masyarakat

Senin, 07 Januari 2019 13:47 by reinasoebisono | 2671 hits
Wara-wiri Hoax di Tahun Pemilu yang Makin Ramai di Tengah Masyarakat
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Informasi-informasi hoax disebut seperti itu karena tersebar  sementara belum diketahui kebenarannya dan kini banyak topik yang tengah menjamur di masyarakat. Bukan jaminan tak ada hoax-hoax lain tak berhenti merebak mengingat tahun politik akan semakin panas jelang pencoblosan Pemilu 2019.

Yang paling terbaru adalah hoax tentang penemuan tujuh kontainer surat suara yang diklaim telah dicoblos untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu malam (2/1).

Hoax ini pun berujung pada laporan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemily (Bawaslu) ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Kamis (3/1). Dan perlu dikethaui, tak hanya berita hoax semacam itu yang viral di masyarakat, namun ada banyak juga yang sudah muncul sejak tahun lalu.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika per 2 Januari 2019 via Liputan6, konten-konten hoax yang ditemukan telah ada sejak bulan Agustus 2018. Yang tercatat pada bulan Agustus salah satunya adalah surat restu SBY yang jadikan anak sulungnya, AHY menjadi cawapres Prabowo dari Partai Demokrat.

Baca juga: Cek Fakta Atau Hoax! Kabar Raja Salman Meninggal Dunia

Yang cukup bombastis adalah di Bulan Oktober terkait kasus penyebaran hoax yang dilakukan Ratna Sarumpaet. Ibu dari Atiqah Hasiiholan itu menyatakan dirinya dikeroyok oleh sekelompok orang di Bandung dengan fakta wajah babak belurnya itu ternyata adalah bekas operasi plastik yang dilakukannya.

Ada pula Bareskrim Polri yang menangkap seorang pemilik akun media sosial akibat penyebaran info hoax yang mengatakan Jokowi adalah PKI. Di akhir tahun, berita hoax yang dipastikan terjadi adalah video Prabowo Subianto merayakan Natal Partai Gerindra.

Berbagai pihak berwenang pun menghimbau masyarakat untuk tak mudah terpancing dengan berita hoax yang belum bisa dipastikan kebenarannya, apalagi dengan gencar menyebarkannya lebih lanjut. Ada baiknya diverifikasi terlebih dahulu melalui pihak terkait yang dinilai memiliki kredibilitas.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)