home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Fenomena Pertama Kali Terjadi Masjidil Haram Diserbu Serangga Hitam

Jumat, 11 Januari 2019 16:40 by reinasoebisono | 2194 hits
Heboh Fenomena Pertama Kali Terjadi Masjidil Haram Diserbu Serangga Hitam
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Sebuah fenomena mengejutkan terjadi di salah satu masjid paling suci untuk umat Muslim, Masjidil Haram di Mekkah. Serbuan serangga dalam jumlah besar mendatangi Masjidil Haram yang membuat warga setempat kebingungan.

Pasalnya, fenomena semacam ini disebut belum pernah terjadi sebelumnya. Serangga yang lebih tepatnya adalah jangkrik berwarna hitam itu viral dengan sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial.

Kumpulan serangga tersebut menyebar dan memenuhi serta menempel di dinding, lantai hingga pakaian para jemaah di kompleks Masjidil Haram. Para pengguna media sosial pun memakai tagar #jangkrik dalam bahasa Arab yang menuntut penjelasan pemicu serbuan serangga ini karena merasa tidak nyaman dengan pemandangan tersebut.

"Pada Sabtu (5/1) malam, saya sedang salat di Masjidil Haram dan serangga ada di mana-mana, masjid dimasuki serangga-serangga, tidak hanya di halaman, tapi juga di sekitar Kakbah," tutur Abdulwhab Soro (64) kepada media Uni Emirat Arab, The National via Detik.


Image source: Tribunnews

"Saya sudah tinggal di Mekah seumur hidup saya dan saya tidak pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya," ucapnya. 

Baca juga: Begini Kronologi Mobil yang Tabrak Masjidil Haram, Supir Diduga Mabuk

Bahkan pakar satwa liar, Dr Jacky Judas yang menjabat sebagai manajer penasihat iliah untuk keberagaman hewan dan tumbuhan di Bumi untuk WWF dan Emirates Nature merasa heran. Pasalnya, hal baru pertama kali dilihatnya.

"Ini merupakan kali pertama bagi saya untuk melihat spesies ini dalam jumlah besar. Saya tidak terkejut jika orang-orang mengatakan hal yang sama. Saya tidak pernah melihat spesies ini dalam jumlah sebanyak ini," ucapnya kepada The National. 

Namun fenomena ini bisa disebabkan dari beberapa hal, salah satunya adalah datang dari area-area bisnis di Semenanjung Arab yang membiakkan jangkrik untuk pakan burung. Dr Judas juga mengatakan tengah menyelidiki lebih lanjur spesies jangkrik yang menyerbu Masjidil Haram yang diduganya berkaitan dengan jangkrik spesies Gryllus campestris.

"Ini bisa jadi sebuah insiden di mana satu pengembangbiakan dalam penangkaran kabur dan menyebar dalam jumlah besar, atau mungkin juga ada kondisi khusus yang membantu perkembangan dan pembiakan spesies ini. Tapi saya tidak tahu apa itu," tandasnya.

Emirat Provinsi Mekkah telah mengerahkan 22 tim beranggotakan 138 petugas untuk membasmi jangkrik-jangkrik tersebut. Mereka juga membersihkan serta melakukan pengasapan desinfeksi pada saluran-saluran air di kompleks Masjidil Haram dan jalanan kota Mekkah yang diduga menjadi area reproduksi dan pembiakkan serangga tersebut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)