home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Hero Supermarket yang Tutup Puluhan Gerai dan Pecat Ratusan Karyawan

Senin, 14 Januari 2019 14:25 by reinasoebisono | 1058 hits
Penjelasan Hero Supermarket yang Tutup Puluhan Gerai dan Pecat Ratusan Karyawan
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Hero adalah salah satu brand supermarket yang telah lama ada di Indonesia. Perusahaan dengan nama PT Hero Supermarket Tbk (HERO) itu sayangnya terpaksa harus menutup puluhan gerai yang terdiri dari Giant dan Hero, bahkan melakukan PHK terhadap ratusan karyawannya.

Lebih detail, melansir Kompas, ada sekitar 26 gerai Giant dan Hero ditutup serta 523 karyawan yang dipecat karena per September 2018, penjualan bisnis makanan turun 6 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Akibatnya, kami mengalami kerugian operasional Rp 163 miliiar dan angka ini jauh lebih buruk ketimbang kerugian ditahun sebelumnya," ujar GM Corporate Affairs PT Hero Supermarket Tbk Tony Mampuk.

Sebenarnya, menurut Tonny, secara konsolidasi perusahaan masih mendapat keuntungan jika digabung dengan bisnis non makanan, yaitu Guardian dan IKEA. Tapi secara fundamental bisnis makanan merugi dan berimbas cukup besar pada kinerja keuangan.

"Oleh karena itu, mau tidak mau harus dilakukan efisiensi salah satunya mengurangi beban operasional terhadap toko-toko yang merugi," tuturnya. "Jika hal tersebut terjadi, pada akhirnya akan lebih banyak lagi karyawan yang mungkin akan merasakan dampaknya,"

Ke depannya, Tonny mengungkapkan kemungkinan akan lebih fokus pada bisnis non makanan walau tetap tidak melupakan dan akan mengedepankan bisnis makanan PT Hero Supermarket Tbk.

"Terkait gerai yang ditutup untuk gedung yang kita sewa akan dikembalikan ke pemiliknya, namun yang milik sendiri masih dalam pembahasan secara internal," ujarnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)