home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Unik Cina Tampilkan Status Sosial Melalui Gerbang Rumah

Rabu, 16 Januari 2019 12:28 by bellaevania | 2360 hits
Cara Unik Cina Tampilkan Status Sosial Melalui Gerbang Rumah
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - China memiliki tradisi dan budaya yang mungkin terkesan tak biasa di negara lain. Jika di Indonesia penanda status sosial yang tinggi ditunjukkan melalui penampilan atau kepemilikan barang mewah, lain halnya dengan China yang menunjukkan status sosial melalui gerbang rumah.

Di zaman dulu, China sangat mementingkan status sosial keluarga karena berada dalam pengaruh sistem pemerintahan kerajaan. Status sosial di negeri tirai bambu itu ditentukan berdasarkan pekerjaan. Semakin bagus pekerjaannya, maka status sosialnya akan semakin tinggi.

Di kawasan Kota Tua Baihuangzhou di Jinan, Shandong, China arsitektur bangunan yang ada masih sama persis seperti bangunan-bangunan China pada jaman dahulu. Gerbang rumah warga China kala itu terbuat dari kayu mirip gerbang istana dalam ukuran kecil.


Image Source: Detik

Baca juga: Kenapa Prabowo Sudah Berkunjung Ke Cina-Jepang Padahal Belum Resmi Jadi Presiden?

Sekilas memang tidak ada yang berbeda antara gerbang rumah satu dan yang lainnya. Tetapi saat melangkahkan kaki akan terlihat sebuah pembatas gerbang. Disinilah penanda status sosial masyarakat China, keluarga yang berstatus sosial rendah memiliki pembatas gerbang rumah yang rendah.

Ketika memasuki gerbang rumah terdapat tata krama tersendiri. Siapapun tanpa memandang status sosial harus melewati pembatas gerbang tanpa menginjakkan kaki diatasnya saat bertamu kerumah seseorang. Hal ini sebagai penanda untuk tetap saling menghormati satu sama lain meskipun memiliki status sosial yang berbeda.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)