home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Era PC Akan Segera Berakhir

Senin, 08 April 2013 10:00 by miko | 1334 hits
Era PC Akan Segera Berakhir
old.indonesiafinancetoday

Komputer PC sebagai perangkat komputasi utama diprediksi akan segera berakhir. Hal ini sering disebut sebagai Kiamat PC yang ditandai dengan semakin rendahnya adopsi PC di kalangan pengguna umum (konsumen). Lantas kapan kiamat PC tersebut terjadi?

Dalam laporan terbaru, Firma Riset Pasar Gartner meramalkan penjualan PC segera mengalami penurunan hingga 2017 mendatang. Sebaliknya, penjualan tablet diperkirakan akan terus naik hingga melebihi PC sekitar tahun 2015. Gadget ini pun disebut bakal menggantikan PC sebagai perangkat utama pilihan pengguna, dikarenakan harga yang murah dan kemampuan yang terus berkembang.

“Kebanyakan orang akan puas dengan pengalaman yang mereka dapat dari tablet sebagai perangkat untuk bermain dan bekerja,” tulis wakil presiden riset Gartner Carolina Milanesi.

“Begitu konsumen mengubah pola pemakaiannya dari PC ke smartphone dan tablet, mereka tak akan lagi melihat PC sebagai perangkat yang perlu diperbarui secara reguler,” tuturnya.

Baca juga: Sosok Katie Bowman, Ilmuwan Wanita yang Berhasil Mengabadikan Foto Lubang Hitam Pertama di Dunia

Sementara itu, pengapalan global untuk PC dan notebook tradisional diperkirakan menurun hingga 7,6 persen pada 2013 dibanding 2012. Sedangkan pada waktu yang sama, pengiriman tablet disebutkan bakal naik 69,8 persen.

Pada 2017, jumlah shipment tablet diprediksi sudah mendekati angka 500 juta unit, hampir dua kali angka pengkapalan untuk PC dan notebook.  Gartner menyebut penurunan penjualan PC tersebut bukan trend sementara, melainkan gejala dari perubahan perilaku konsumen jangka panjang

Ramalan Gartner ini merefleksikan kekhawatiran sejumlah pemain besar di industri PC. Sebagian, seperti Dell dan Samsung, menyalahkan Microsoft yang sistem operasinya (Windows 8) tidak berhasil menggairahkan kembali pasar PC yang lesu.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)