home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Topik Inilah yang Diprediksi Paling Mencuat di Debat Presiden Kedua

Selasa, 29 Januari 2019 15:16 by reinasoebisono | 1257 hits
Dua Topik Inilah yang Diprediksi Paling Mencuat di Debat Presiden Kedua
Image source: Antara Foto

DREAMERS.ID - Setelah debat capres perdana yang mengundang banyak reaksi masyarakat, bukan berarti debat selanjutnya menjadi tidak dinantikan. Di putaran kedua yang dijadwalkan 17 Februari mendatang, tema yang dibahas adalah sumber pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur.

Melansir IDN Times, pengamat Institute for Development of Economics and Finance (Idenf) Bhima Yudhi memprediksi dua topik yang akan panas di debat selanjutnya. Yang pertama adalah pembahasan divestasi saham Freeport dan Blok Rokan.

Hal ini dianggap paling menarik karena akan dijadikan ‘serangan’ dari capres penantang mau pun pembelaan dari capres petahana yang menangani topik ini di dalam pemerintahanya. "Kemudian masalah Blok Rokan juga akan dibahas," kata Bhima.

Topik selanjutnya diprediksi masih akan menyinggung pasangan calon nomor urut 01 yang masih menjabat. Yaitu topik infrastruktur yang tak menutup kemungkinan akan dihubungkan dengan masalah utang, penyerapan tenaga kerja dan efek berantai infrastruktur terhadap ekonomi daerah.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Nama-nama 11 Panelis Debat Pertama Pilpres 2024 dari KPU

"Infrastruktur yang menurunkan biaya logistik tentunya akan memenangkan siapa pun presiden baru nantinya," ujar Bhima.

Sementara dari sisi topik populis, bahan bakar minyak atau BBM diperkirakan akan jadi topik terhangat di babak kedua nanti. Berbeda dengan tema lingkungan hidup yang kemungkinan tidak menjadi isu menarik dalam debat karena masalah kebakaran hutan dianggap berhasil diatasi Pemerintahan Jokowi.

Hal baru yang perlu diketahui adalah kabar moderator yang masih tetap berjumlah dua orang di mana keduanya adalah jurnalis dan presenter, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Penentuan ini berdasarkan kesepakatan antara KPU bersama tim pemenangan kedua capres-cawapres yakni Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)