home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Segmen Khusus 'Debat Bebas', Begini Perbedaan Debat Capres Kedua 17 Februari Nanti

Kamis, 31 Januari 2019 18:00 by reinasoebisono | 868 hits
Ada Segmen Khusus 'Debat Bebas', Begini Perbedaan Debat Capres Kedua 17 Februari Nanti
Image source: Sindo News

DREAMERS.ID - Debat capres perdana beberapa waktu lalu sempat mendapat kritikan dari sejumlah termasuk dari publik yang sebagian besar mengatakan terlalu monoton atau tidak menarik. KPU pun berbenah diri dengan memberi beberapa perubahan dalam sistem dan pola debat kedua 17 Februari nanti.

Yang disoroti adalah kedua paslon diharapkan memiliki waktu debat secara langsung lebih banyak, tidak hanya menjawab pertanyaan atau menanggapi lawannya. Benar saja, debat kedua yang akan digelar Hotel Sultan itu akan menghadirkan segmen ‘Debat Bebas’.

Direncanakan akan ada di segmen 4, debat bebas itu pun akan memiliki alokasi waktu lebih panjang dan tidak dibatasi.

"Sudah disepakati, segmen 1, 2, 3 sama persis dengan debat pertama. Segmen 4 itu segmen yg akan berdebat bebas, tidak akan dibatasi 1 menit 2 menit," kata Ketua Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/1).

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Nama-nama 11 Panelis Debat Pertama Pilpres 2024 dari KPU

Durasi total segmennya memang belum disepakati, namun alur debat telah ditentukan KPU bersama tim kampanye kedua paslon melalui rapt. Mekanismenya, moderator akan memberikan waktu yang cukup bagi kedua kandidat untuk masing-masing menyampaikan pendapat mereka.

"Misalnya ditentukan 15 menit, ya sudah nanti moderator mengatur supaya ada keberimbangan antara dua kandidat. Misalnya, sudah kelihatan 2 menit menjawab, dipersilakan yang lain komentari, 2 menit berganti lagi. Tapi kalau 1 menit sudah (cukup), langsung bisa pindah," kata Arief.

Melansir Kompas, pertanyaan kepada kedua kandidat tetap seputar debat kedua yaitu energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup dan tetap disusun oleh panelis. Dipastikan oleh Arief, segmentasi debat baru ini akan membuat debat pilpres semakin menarik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)