home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rahasia Bagaimana MRT Bisa Dijamin 30 Menit Sampai di Rute HI-Lebak Bulus

Senin, 04 Februari 2019 17:23 by reinasoebisono | 953 hits
Rahasia Bagaimana MRT Bisa Dijamin 30 Menit Sampai di Rute HI-Lebak Bulus
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Makin tak sabar, MRT atau Moda Raya Terpadu Jakarta akan resmi beroperai pada Maret mendatang dan diharapkan bisa membuat masyarakat Jakarta dan sekitarnyaberalih menggunakan transportasi umum.

Salah satu keunggulan MRT Jakarta adalah klaim satu rute bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit. Rute pertama yang hampir selesai adalah dan dioperasikan pertama adalah Bunderan HI-Lebak Bulus.

Garansi 30 menit ini pun dikonfirmasi oleh Direktur Utara MRT Jakarta William Sabandar. Bagaimana bisa? Menurut William, hal ini karena MRT Jakarta menggunakan sistem otomatis communication base train control.

"Jadi pengoperasian otomatis itu menjamin bahwa kereta berangkat jam 7 pagi, ya persis akan tiba 7.30. Ya kemarin kan anda lihat sendiri kita tes kereta, itu yang ditawarkan keandalan," ujar William mengutip Detik.

Baca juga: Catat, TransJakarta dan MRT Hanya Jalan Sampai Jam 8 Malam Mulai Hari Ini

Hal ini juga karena pengoperasian kerta yang otomatis menjamin titik jam sampai detik waktu kereta harus sama. Titik berhenti di kereta harus sama agar pemberhentian kereta bisa tepat dengan pintu yang ada di stasiun.

"Karena titik berhentinya juga harus terukur, itu ada pintu kereta platform screen door dan itu harus memastikan titiknya sama. Kalau platform screen door-nya terbuka tapi tidak sama itu kan penumpangnya tidak bisa turun," jelas dia.

Dengan begitu, menjelang operasional pihak MRT terus memastikan integrated positioning kereta bisa berjalan lancar dan baik. MRT Jakarta juga melakukan pelatihan masinis kereta yang telah disertifikasi agar pengoperasiannya bisa dilakukan secara riil.

"Kalau sekarang kan dia mengoperasikan belum ada penumpang. Oleh sebab itu, nanti pada 12 Maret kita sudah ada penumpang, di situ operasi akan dilakukan. Tapi belum komersial, komersialisasi nanti pada saat kita lakukan keseluruhan," jelas dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)