home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

PBB Paparkan Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi Dilakukan oleh Arab Saudi

Jumat, 08 Februari 2019 10:33 by reinasoebisono | 768 hits
PBB Paparkan Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi Dilakukan oleh Arab Saudi
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - PBB turut melakukan penyelidikan terkait kasus pembunuhan misterius jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi dan kini memaparkan hasil temuannya. Penyelidikan internasional itu berupaya mengungkap pembunuhan Khashoggi yang hingga kini tak ditemukan jasadnya itu.

Pelapor PBB untuk Eksekusi Ekstrayudisial, Arbitrase, dan Ringkasan, Agnes Calamard mengatakan pihaknya mengunjungi sejumlah tempat yang dianggap berhubungan dengan kematian jurnalis media Amerika Serikat, Washington Post itu.

Salah satunya ada;ah kantor Konsulat Saudi di Istanbul, Turki di mana lokasi tersebut menjadi tempat terjadinya pembunuhan pada 2 Oktober 2018 lalu. Sejumlah bukti pun disebut Callamard didapatkan selama menjalankan misinya di Turki.

"Bukti awal menunjukkan Khashoggi adalah korban pembunuhan brutal dan terencana dari pejabat Saudi," ucap Callamard dilansir AFP via laman Kompas..

Baca juga: Detail Respon Berbeda Amerika dan Turki Pasca Jatuhnya Vonis Pembunuhan Sadis Jurnalis Arab Khashoggi

Melalui laporan tersebut, Callamard akan memberi sejumlah rekomendasi yang sifatnya tidak mengikat dan telah mendapat izin Turki untuk menggelar investigasi. Callamard juga mengatakan telah mendapat akses ke ‘informasi krusial’ pembunuhan dengan kepala jaksa penuntut maupun kepala intelijen Turki.

Di antaranya adalah akses ke bukti rekaman pembunuhan yang didapat penyelidik Turki yang dideskripsikan sebagai hal yang ‘sangat, sangat mengerikan’. Sayangnya, Callamard mengaku timnya tidak memiliki kesempatan membuktikan rekaman tersebut asli atau tidak.

Kasus pembunuhan ini mendapat sorotan dunia terutama negara Barat karena AS menduga Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berada di balik aksi pembunuhan brutal tersebut. Begitu pula dengan Turki di mana Presidennya, Erdogan juga gencar menuntut hal ini diungkap.

"Kasus pembunuhan Khashoggi bukanlah kasus biasa," tegas Erdogan dalam wawancara dengan kanal televisi pemerintah TRT.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)