home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanggap Darurat Ditetapkan Karena Erupsi Gunung Karangetang, Sampai Kapan?

Jumat, 08 Februari 2019 11:43 by reinasoebisono | 788 hits
Tanggap Darurat Ditetapkan Karena Erupsi Gunung Karangetang, Sampai Kapan?
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Gunung Karangetang mulai bergejolak dan mengeluarkan erupsi yang menyebabkan Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaoa (Sitaro), Sulawesi Utara menetapkan status tanggap darurat bencana.

Gunung setinggi 1.827 meter itu erupsi sejak beberapa hari lalu dengan aktivitas vulkanik yang terus meningkat. Karena itu, Pemkab Sitaro melakukan evakuasi terhadap 132 warga atau 77 kepala keluarga di Kampung Niambangen ke pos pengungsian di daerah Paseng yang berada tepat di depan kompleks perumahan bupati.

"Penetapan tanggap darurat ini berlaku 7 hari dari 6 sampai 12 Februari. Bila dipandang perlu, status ini dapat ditinjau kembali sesuai kebutuhan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho via CNN.

Sejauh ini kebutuhan mendasar seperti matras untuk pengungsian sudah dipenuhi. Tim kesehatan juga sudah di pos pengungsian untuk pemeriksaan kesehatan pengungsi. Sedangkan Dinas Sosial sudah menempatkan dapur umum dengan perlengkapan alat masak dan bahan makanan.

Erupsi Gunung Karangetang mulai terjadi pada Sabtu (2/2). Berdasarkan pengamatan sekitar pukul 10.45 WITA, teramati guguran lava mengalir ke Kali Batuare sejauh lebih kurang 2.000 meter dari kawah dua. Guguran lava juga mengalir ke Kali Melebuhe sejauh 2.500 meter dari kawah dua.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)