home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Komentar Psikiater Soal Kemungkinan Kondisi Kejiwaan Adi Saputra Si Perusak Motor yang Viral

Sabtu, 09 Februari 2019 17:23 by bellaevania | 1148 hits
Begini Komentar Psikiater Soal Kemungkinan Kondisi Kejiwaan Adi Saputra Si Perusak Motor yang Viral
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Jagat dunia maya dihebohkan dengan video viral seorang pria yang mengamuk dan merusak motornya sendiri karena tak terima ditilang polisi di Jalan Letnam Soetopo, Serpong, Tangerang Selatan.

Pemuda yang diketahui bernama Adi Saputra itu secara emosional mencabik-cabik dan menggulingkan motornya hingga hampir mencelakai perempuan yang bersama dirinya. Setelah kejadian itu video aksi bakar STNK yang dilakukan Adi pun beredar.

Beragam tanggapan negatif dilontarkan untuk pemuda itu. Lalu apa pandangan psikiater terhadap fenomena Adi Saputra ini? Seorang psikiater bernama Andreas Kurniwan dengan nama akun @ndreamon pun menjelaskan prakiraan kondisi Adi Saputra melalui media sosial Twitter.

Andreas menyebut kita tak bisa menilai perilaku seseorang hanya melalui sekian detik kejadian. Orang yang menyaksikan video tersebut hanya bisa mengira emosi (kemarahan). Sebagai psikiater, mendalami perilaku seseorang perlu ada pemahaman yang lebih dalam lagi.

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

"Perlu pemahaman lebih dalam lagi. Apakah memang biasa dia sering seperti itu? Atau baru ini pertama kalinya? Atau kejadian ini hanya terjadi pada kondisi tertentu, di tekanan yang begitu berat? Mungkin dia hanya sedang mengalami worst day ever? Tidak ada yang tahu," jelas Andreas.

"Jadi, mungkin terlalu cepat bagi kita untuk reaktif menilai orangnya. Kita coba pisahkan antara perilaku dan orangnya. Saya pribadi tidak suka dengan perilakunya. Tapi terhadap orangnya? Nanti dulu. Saya tak cukup kenal dia untuk memberikan pendapat saya," tambah Andreas

Andreas menjelaskan aksi mencabik-cabik motor yang dilakukan Adi bisa saja terjadi karena ledakan emosi yang sudah lama ditahan. "Ini seperti kita menimbun sampah dalam batin kita, sampai tahap terjadi ledakan emosional. Percayalah, setiap orang bisa mengalami itu,” ujar Andreas.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)